Kuburan Berusia Lebih dari 1.000 Tahun Ditemukan di Area Pembangunan Proyek Kereta Wisata
Penemuan Kuburan dari zaman Suku Maya di Meksiko. (Sumber: Twitter/@INAHmx)

Bagikan:

JAKARTA - Arkeolog Meksiko menemukan sesosok tubuh manusia yang dihias dengan indah di sebuah kuburan yang mungkin berusia lebih dari 1.000 tahun, di sebuah area di mana para pekerja sedang menyelesaikan pembangunan proyek kereta api wisata besar, kata lembaga barang antik nasional INAH.

Penemuan tersebut terjadi Bulan September lalu, saat dilakukan pekerjaan penyelamatan arkeologi bersamaan dengan pembangunan kereta wisata bernilai miliaran dolar di Meksiko selatan, yang dirancang untuk menarik wisatawan ke banyak situs Maya kuno di wilayah tersebut, serta resor pantai terkenal di dekatnya seperti Cancun dan Tulum.

Proyek kereta api, yang dikenal sebagai Kereta Maya, merupakan prioritas utama pembangunan ekonomi Presiden Andres Manuel Lopez Obrador, dilansir dari Reuters 25 Oktober.

Proyek ini mempekerjakan tim arkeolog yang memiliki dana relatif besar yang bergegas menyelesaikan penggalian sehingga pekerjaan konstruksi tidak tertunda. Penggalian di tempat lain di negara ini mengalami pemotongan anggaran.

Penemuan pemakaman terbaru ini terjadi saat pengerjaan pembangunan sebuah hotel di dekat reruntuhan utama Palenque Maya di negara bagian Chiapas, yang pernah menjadi rumah bagi salah satu pusat kota terbesar dan tercanggih dalam peradaban kuno.

Sisa-sisa kerangka itu ditemukan sekitar 2 kilometer (1,2 mil) dari pusat kota, rumah bagi kuil-kuil yang menjulang tinggi dan kompleks istana yang luas, di dalam kotak batu. Kemungkinan besar mereka berhubungan dengan penduduk elit kota tersebut, yang dikenal oleh suku Maya kuno sebagai Lakamha'.

Kotak itu juga berisi tiga bejana keramik, penutup telinga dan sepasang manik-manik batu hijau.

INAH juga mencatat individu tersebut dikuburkan menghadap ke atas, kepalanya menghadap ke utara, seraya menambahkan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan usia pasti individu tersebut dan karakteristik lainnya.

Diketahui, para ahli memuji bangsa Maya kuno dengan pencapaian besar manusia dalam bidang seni, arsitektur, astronomi dan penulisan.

Palenque, seperti puluhan kota kuno lainnya yang tersebar di sekitar Meksiko selatan dan sebagian Amerika Tengah, berkembang pesat sekitar tahun 300-900 Masehi.