Penggalian Rel di Pinggir Kota Marmaray Ungkap Sejarah Instanbul Berusia 8.500 Tahun
Peninggalan arkeologi di Yenikapi, Istanbul, Turki. (Sumber: Anadolu Agency via Daily Sabah)

Bagikan:

JAKARTA - Penggalian proyek Marmaray, terowongan kereta bawah laut yang menghubungkan sisi Asia dan Eropa Istanbul di bawah Bosporus, berhasil mengungkap salah satu sisi sejarah Istanbul yang berusia 8.500 tahun.

Penggalian dimulai pada tahun 2004 sebagai bagian dari proyek Marmaray. Penelitian yang mengungkap aspek sejarah baru Istanbul ini berakhir pada 2013. Temuan ini telah menggetarkan dunia arkeologi sejak sejak penemuan kapak pertama kali.

Mengutip Daily Sabah 14 Oktober, sekitar 60.000 artefak yang digali di kawasan Yenikapı dan Sirkeci serta distrik sküdar selama penggalian selama sekitar sembilan tahun disimpan di Museum Arkeologi Istanbul, Turki sampai sebuah museum khusus dibangun untuk mereka.

Penggalian telah menemukan jejak pertama peradaban dari periode yang berbeda, termasuk kerangka orang Istanbul pertama, jejak kaki berusia 8.500 tahun, Pelabuhan Eleutherios (Theodosius), sebuah pelabuhan yang dikenal dalam literatur dunia tetapi tanpa jejak yang ditemukan sejauh ini, koleksi kapal karam abad pertengahan terbesar di dunia, serta 60.000 tulang hewan dari 57 spesies dan fosil tumbuhan.

Pelabuhan Eleutherios, pusat transportasi terbesar Konstantinopel, ibu kota Kekaisaran Bizantium, antara abad keempat dan ke-11 digali selama penggalian di Yenikapı. Dibangun untuk mengangkut gandum yang diimpor dari Mesir, sisa-sisa yang selamat dari pelabuhan termasuk 25 dermaga, dua di antaranya adalah batu dan sisanya kayu.

Penggalian dimulai 3 meter (10 kaki) di atas permukaan laut dan dilanjutkan 10 meter (33 kaki) di bawahnya. Sekelompok bangunan yang berasal dari periode Ottoman, termasuk tangki air abad ke-20 dan banyak sumur air, juga ditemukan di Yenikapı.

Ketika penggalian diperluas di daerah itu, sekitar 37 kapal tenggelam dari berbagai jenis dan ukuran yang berasal dari periode abad kelima hingga ke-11 juga ditemukan, koleksi kapal karam abad pertengahan terbesar di dunia.

Sementara bangkai kapal memberikan informasi penting tentang tipologi kapal Bizantium, teknologi pembuatan kapal dan evolusi teknologi ini, para peneliti berpikir bahwa kapal-kapal tersebut mungkin tenggelam di pelabuhan sebagai akibat dari bencana alam seperti badai atau tsunami yang kuat.

Sebuah gereja juga ditemukan di bagian metro di barat laut area penggalian Yenikapı, dan diperkirakan dibangun antara abad ke-12 dan ke-13 ketika pelabuhan mulai penuh. Sebanyak 22 kuburan berisi 24 kerangka manusia dan ribuan kerangka hewan juga digali di sekitar gereja.

turki
Salah satu kapal karam yang ditemukan di Yenikapi. (Sumber: Anadolu Agency via Daily Sabah)

Penggalian arkeologi di distrik sküdar kota, stasiun penting lain dari proyek Marmaray, dilakukan antara 2004-2008.

Reruntuhan yang berasal dari periode Archaic, Klasik, Helenistik dan Romawi, serta reruntuhan arsitektur dari periode Bizantium dan Ottoman ditemukan di sküdar, yang dikenal sebagai Khrysopolis pada zaman awal dan sebagai Scutari pada zaman Romawi.

Selama penggalian yang dilakukan di dekat Masjid Sultan Mihrimah dan Air Mancur Sultan Ahmet III, ditemukan fondasi struktur apsidal yang berasal dari periode Bizantium abad ke-12 atau ke-13. Sebanyak 97 kerangka, termasuk tiga anak-anak, 14 perempuan dan 73 laki-laki, dan tujuh lainnya yang jenis kelaminnya tidak dapat diidentifikasi, termasuk di antara penemuan penggalian di struktur ini.

Di Sirkeci, stasiun penggalian lain dari proyek Marmaray, telah digunakan sebagai pelabuhan sejak abad ketujuh. Pelabuhan Prosphorion adalah pelabuhan pertama yang dibangun di wilayah Konstantinopel pada saat itu negara-kota Byzantium.

Selama penggalian di Sirkeci, sisa-sisa arsitektur milik periode Ottoman akhir, Bizantium dan Bizantium awal, serta temuan kecil dan tembikar milik periode pra-Romawi ditemukan. Ubin Iznik dari abad ke-16 dan kepala patung marmer wanita Romawi menonjol di antara temuan tersebut.