Bagikan:

JAKARTA - Emoji, yang biasanya dianggap sebagai fitur modern, ternyata memiliki sejarah yang lebih panjang dari yang kita kira. Matt Sephton, seorang pengembang permainan dan blogger, meneliti sejarah emoji dan menemukan serangkaian karakter dari tahun 1988.

Sephton menemukan 102 emoji yang ditampilkan pada perangkat Jepang PA-8500, yang mencakup berbagai macam hewan hingga simbol. Meskipun tampak sangat berbeda dengan emoji yang kita gunakan saat ini, mereka tetap mengesankan.

Untuk mengungkap sejarah emoji, Sephton menguji beberapa perangkat Jepang retro yang memiliki perangkat lunak menggambar. "Perangkat-perangkat ini berasal dari era sebelum internet, jadi tidak banyak informasi tentang mereka secara online, dan mereka tidak dapat disimulasikan. Jadi satu-satunya cara untuk mengetahui apa yang mereka lakukan adalah dengan membaca manual atau, lebih baik lagi, menggunakan sendiri," jelasnya di blog.

Awalnya, dia mengira emoji pertama dibuat oleh SoftBank pada tahun 1997. Namun, dia terkejut menemukan karakter pada Sharp PI-4000 yang dirilis tiga tahun sebelumnya, pada tahun 1994. Sephton kemudian menemukan lebih banyak emoji pada NEC PI-ET1 yang dirilis pada tahun 1990 dan PA-8500 yang dirilis pada tahun 1988.

Sephton mencatat bahwa sejarah emoji tidak sejelas yang mungkin kita kira. "Sejarah emoji tidak sebersih yang mungkin Anda pikirkan," tulisnya. "Anda dapat memutuskan sendiri apa yang Anda anggap sebagai emoji pertama. Itu tergantung pada definisi pribadi kita, jadi tidak ada jawaban benar atau salah."

Penemuan ini menunjukkan bahwa emoji telah ada lebih lama dari yang banyak orang kira, memberikan wawasan baru tentang evolusi komunikasi digital.