Bagikan:

JAKARTA - Pengguna  X menemukan bahwa setelah enam tahun terdapat perubahan drastis. Saat  memilih emoji pistol kini menampilkan gambar senjata api asli daripada pistol air.

Keberadaan emoji tertentu bergantung pada Konsorsium Unicode dan keputusan tahunannya, bukan perusahaan khusus seperti Apple, Google, atau Twitter. Setiap perusahaan memiliki desain grafis representasi sendiri, dan kali ini, X telah menunjukkan bahwa mereka berani melawan standar industri yang diakui.

Menurut Emojipedia,  X telah memperbarui desain emoji untuk kata "pistol" dan mengubahnya menjadi gambar senjata api.

Emoji pistol tampaknya menjadi emoji resmi sekitar tahun 2010, dan Emojipedia memiliki diagram yang menunjukkan desainnya sejak tahun 2013. Awalnya, setiap perusahaan menampilkan emoji sebagai senjata api, kecuali Microsoft, yang mendesainnya sebagai senjata sinar gaya Buck Rogers.

Namun, pada tahun 2016, Apple mengubahnya dari senjata api menjadi pistol air. Itu bukan satu-satunya perubahan emoji terkait senjata api yang mereka lakukan saat itu.

Pada tahun 2018, Google, Microsoft, Samsung, Facebook, dan Twitter semuanya setuju dengan Apple. Setiap emoji pistol berbeda, tetapi masing-masing adalah gambar pistol air.

X sendirin belum mengumumkan perubahan ini, dan karena tampilan emoji dikendalikan oleh setiap platform, emoji pistol air lama masih muncul di aplikasi Twitter iOS. Namun, menambahkannya melalui browser mendapatkan desain senjata api baru.

Desain baru dilaporkan mulai diluncurkan dalam pembaruan  X pada 18 Juli 2024. Pada Juli 2023, perusahaan ini merombak emoji, termasuk emoji "Pleading Face," tetapi ini tampaknya menjadi revisi pertama yang disengaja kembali ke gagasan desain sebelumnya.

Secara terpisah, Konsorsium Unicode sedang mempertimbangkan proposal untuk emoji baru. Jika disetujui, mereka biasanya akan ditambahkan ke perangkat Apple dalam beberapa bulan.