Komjen Gatot Eddy Pramono Jadi Wakil Komisaris Utama, Berikut Produk PT Pindad yang Mendunia
Peluru SPR 2 Kaliber 12,77 mm yang diproduksi Pindad. (Didi Kurniawan/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono ditunjuk Menteri BUMN Erick Thohir menjadi Wakil Komisaris Utama PT Pindad (Persero). Pengangkatan dilakukan dalam rangka perombakan jajaran komisaris dan direksi.

PT Pindad merupakan perusahaan industri dan manufaktur yang memproduksi alat-alat militer dan komersial di Indonesia. Perusahaan yang merupakan BUMN sejak tahun 1983 ini sudah memperkerjakan sekitar 3.000 karyawan dan termasuk dalam cluster industri pertahanan.

Berikut ini adalah produk-produk PT Pindad yang telah mendunia:

Senapan Serbu SS-2

Produk buatan PT Pindad salah satunya adalah senapan serbu seri SS-2. Sejak awal peluncuran, beberapa negara sudah menaruh minat untuk mendatangkan produk buatan anak negeri tersebut. Seperti dikutip VOI dari Antara, Rabu 20 Januari, dua negara di Timur Tengah menyatakan minat dengan memesan senjata tersebut. Senjata laras panjang seri SS-2 ini sendiri memiliki 9 varian.

Pistol G2 Premium

Pistol G2 Premium buatan Pindad juga diminati oleh salah satu negara tetangga. Dari sumber yang sejenis, Laos telah memesan terlebih dahulu pistol jenis tersebut karena kualitasnya yang telah teruji. Pistol G2 Premium adalah pengembangan dari sisi desain dan frame yang berasal dari varian G2 lainnya.

Fitur serta karakter pada G2 Premium dikembangkan dari umpan balik para pengguna yang telah mengoperasikan varian G2 Combat dan Elite. Pistol G2 Premium menggunakan amunisi kaliber 9 mm dan memiliki jarak tembak efektif sampai dengan 25 meter. G2 Premium juga termasuk dalam varian teratas keluarga pistol G2.

SPR-2

Salah satu senjata yang menjadi magnet bagi negara di Timur Tengah adalah Senapan penembak runduk (SPR) 2. Senjata ini pernah dikategorikan sebagai senjata terbaik saat eksibisi uji senjata di Jordania.

Hal itu meyakinkan negara-negara di kawasan tersebut untuk mendatangkan senjata asli buatan Indonesia. SPR-2 mampu menembak target pada jarak 2 kilometer dengan akurasi yang sangat tepat.

Senjata ini menggunakan peluru dengan kaliber 12.7 x 99 mm. Dalam satu magasinnya dapat diisi hingga 5 peluru. Senapan ini juga dapat menggunakan tipe peluru 12.7 x 99 mm sesuai dengan kebutuhan. Ada tiga varian SPR, yakni SPR-4, SPR-3 Kal. 762 MM, dan SPR-2 Kal. 12,7 MM.

Kendaraan Khusus

Dikutip VOI dari laman resmi Pindad, Pindad juga memproduksi kendaraan tempur, di antaranya Kendaraan Taktis 4x4 "Komodo" dan Panser 6x6 "Anoa". Ada lebih dari 300 unit dengan berbagai varian kendaraan yang telah diproduksi perusahaan ini.

Kendaraan tempur ini juga ikut dalam misi perdamaian dunia PBB di berbagai Negara seperti Lebanon, Afrika Tengah, dan Sudan.

Ilustrasi Tank Pindad. (Didi Kurniawan/VOI)

Kendaraan taktis 4x4 Komodo terdiri dari empat macam varian, antara lain Komodo 4x4 Missile Launcher, Komodo 4x4 Battering Ram, Komodo 4x4 APC Police, dan Komodo 4x4 Recon.

Sementara Panser 6x6 Anoa terdiri dari tujuh varian, yakni Anoa 6x6 Mortar, Anoa 6x6 Command, Anoa 6x6 Amphibious, Anoa 6x6 Recovery, Anoa 6x6 Armoured Personnel Carrier, Anoa 6x6 Ambulance dan Anoa 6x6 Logistics.