Bagikan:

YOGYAKARTA – Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo dalam rangka menghadapi pemilihan presiden (pilpres 2024) mulai dibentuk. Dalam TPN terdapat sejumlah tokoh yang namanya cukup diperhitungkan dalam dunia politik Tanah Air. Berikut akan disajikan daftar sekaligus profil singkat tokoh tim pemenangan Ganjar 2024.

Profil Singkat Para Tokoh Tim Pemenangan Ganjar

Perlu diketahui, tokoh yang tergabung dalam TPN Ganjar berasal dari berbagai latar belakang mulai dari petinggi parpol, pengusaha, bahkan pensiunan TNI/Polri. Adapun tokoh pemenangan Ganjar adalah sebagai berikut.

1. Arsjad Rasjid (Pengusaha)

Dalam TPN Ganjar 2024, Arsjad Rasjid berperan sebagai Ketua. Profil Arsjad Rasjid sendiri dikenal sebagai pengusaha sekaligus bos Indika Energy. Arsjad saat ini juga menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin).

Di dunia bisnis, nama Arsjad Rasjid cukup diperhitungkan. Salah satu prestasi yang pernah ia lakukan adalah mampu mengembangkan aset perusahaan PT Indika Energy dari yang semula Rp2,78 triliun menjadi Rp18,28 triliun dalam waktu enam tahun saja.

2. Andika Perkasa (TNI)

Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn.) Andika Perkasa menjabat sebagai wakil ketua dalam TPN Ganjar 2024. Ia merupakan menantu mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) A.M. Hendropriyono.

Profil Andika Perkasa di militer Tanah Air sangat diperhitungkan. Terakhir ia menduduki jabatan sebagai Panglima TNI. Namun sebelum itu, ia juga sempat menduduki beberapa jabatan yang penting seperti menjadi Kepala Seksi Kajian Strategi Hankam Departemen Pertahanan tahun 2000 hingga Kadispen TNI AD di tahun 2013.

3. Gatot Eddy Pramono (Polri)

Komjen Pol (Purn.) Eddy Pramono adalah mantan Wakapolri. Ia jadi salah satu tokoh petinggi Polri yang juga tergabung dalam TPN Ganjar 2024. Ia merupakan perwira tinggi Polri jebolan Akdemi Kepolisian tahun 1988. Sebelum menjadi petinggi Polri, ia juga pernah menduduki jabatan penting seperti Kapolres Metro Jakarta Selatan (2009), Direktur Reskrimum (Dirreskrimum) Polda Metro Jaya (2011), Analis Kebijakan Madya bidang Pidum Bareskrim Polri (2012). Ia juga pernah diangkat jadi Kapolda Metro Jaya pada 2019.

Pada tahun 2021, Eddy juga ditunjuk oleh Menteri BUMN Erick Thohir menjadi Wakil Komisaris Utama PT Pindad (Persero), perusahaan yang memproduksi produk militer di Indonesia.

4. TGB Muhammad Zainul Majdi (Petinggi Parpol)

Tuan Guru Bajang (TGB)  Muhammad Zainul Majdi merupakan tokoh dari kalangan partai politik. Ia menjabat sebagai Ketua Harian Partai Perindo. Di TPN Ganjar 2024, Zainul Majdi menjabat sebagai wakil ketua.

Selain dikenal sebagai petinggi parpol, pria kelahiran Selong, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu juga dikenal sebagai ulama muda oleh masyarakat Sasak. Karena itu ia menyandang gelar TGB. Gelar ulama muda memang pantas disandang mengingat Zainul Majdi memiliki latar belakang pendidikan di bidang keagamaan.

Zainul Majdi sempat menempuh pendidikan di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir program Tafsir dan Ilmu-Ilmu Al-Qur’an. Ia juga berhasil meraih gelar doktor di tahun 2010.

Di dunia politik, TGB Zainul Majdi sempat terpilih menjadi anggota DPR pada tahun 2004. Namun jabatan tersebut tak lama karena ia harus maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) NTB tahun 2008. Alhasil ia berhasil terpilih jadi Gubernur NTB periode 2008-2013 dengan usia relatif muda yakni 36 tahun.

Itulah informasi terkait tokoh tim pemenangan Ganjar. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.