Tekan Polusi Udara, Pemkot Tangsel Larang Pelajar Bawa Motor ke Sekolah
Ilustrasi siswa membawa sepeda motor/ Foto: IST

Bagikan:

TANGERANG - Pemerintah Kota Tangerang (Pemkot) Selatan melarang siswa-siswi di wilayahnya untuk tidak menggunakan kendaraan sepeda motor pribadi saat berangkat sekolah. Salah satu tujuannya untuk mengurangi polusi udara di Tangerang Selatan.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Tangerang Selatan Deden Deni membenarkan adanya kebijakan tersebut. Oleh sebab itu, dirinya menganjurkan kepada orang tua untuk melakukan antar jemput anak-anaknya saat berangkat maupun pulang sekolah.

“Kami melalui Pemerintah Kota Tangsel, karena secara khusus dinas pendidikan menganjurkan kepada orang tua, hari ini (melakukan) antar jemput anaknya di beberapa sekolah,” kata Deden, Kamis, 14 September.

Deden juga menjelaskan alasannya dibuatnya kebijakan tersebut. Karena ia menilai banyaknya siswa yang menggunakan kendaraan pribadi , sehingga berdampak pula terhadap arus lalu lintas di Tangerang Selatan.

“Bayangin dibeberapa sekolah, ada berapa ratus siswa, berapa ratus kendaraan yang keluar di waktu bersamaan itu juga salah satu penyebab kemacetan juga,” ucapnya.

“Jadi minimal kita bisa mengurangi polusi udara yang lainnya (dan) mengurangi kemacetan dibeberapa titik,” sambungnya.

Deden mengungkapkan apabila orang tua ada kesibukan yang tidak dapat ditinggal, pihaknya menyediakan bus gratis untuk anak sekolah.

“Kalau jumlah armada mungkin cek dinas perhubungan. Kalau jam tentu di jam sekolah, jam berangkat maupun pulang,” tutupnya.