Profil Arsjad Rasjid, Pengusaha yang Sedang Didekati PDIP untuk Menangkan Ganjar
Arsjad Rasjid (Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Profil Arsjad Rasjid tengah jadi sorotan masyarakat. Pasalnya, ia jadi salah satu sosok yang berpotensi menjadi tim sukses Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 mendatang. Bahkan, dikabarkan saat ini PDI Perjuangan (PDIP) mulai melakukan pendekatan terhadap Arsjad Rasjid. Di luar dari hal tersebut, siapa Arsjad Rasjid sebenarnya?

Profil Arsjad Rasjid

Arsjad Rasjid Prabu Mangkuningrat adalah salah satu tokoh yang dikenal sebagai pengusaha sukses. Ia lahir di Jakarta pada 16 Maret 1970. Arsjad sendiri merupakan putra dari pasangan H.M.N. Rasjid dan Hj. Suniawati. Ayahnya adalah seorang Purnawirawan TNI Angkatan Darat yang memiliki darah Palembang. Sedangkan ibunya memiliki darah Sunda-Tionghoa.

Latar belakang pendidikan Arsjad Rasjid justru teknik komputer. Ia sempat menempuh pendidikan di University of Southern California tahun 1990. Lalu pada tahun 1993 ia berhasil meraih gelar Bachelor of Science in Business Administration dari Pepperdine University, California, Amerika Serikat.

Tak sampai situ, Arsjad juga mengikuti pendidikan Executive Education di INSEAD yaitu International Directors Program 2016. Sebelumnya ia juga berhasil merampungkan pendidikan Eksekutif terkait kepemimpinan dan pengambilan keputusan di Institut Jackson untuk urusan Global, Universitas Yale, AS.

Kiprah Arsjad Rasjid di dunia bisnis ternyata tak bisa dianggap enteng. Selain menjadi seorang pengusaha, ia juga menduduki jabatan penting di perusahaan PT Indika Energy Tbk (INDY) sebagai Presiden Direktur. Kariernya di perusahaan tersebut dibangun sejak lama. Bahkan menjadi salah satu sosok yang masuk di periode awal perusahaan berdiri.

Salah satu prestasi Arsjad Rasjid di PT Indika Energy adalah Ia berhasil mengembangkan aset perusahaan bahkan mencapai 7 kali lipat, dari yang semula Rp2,78 triliun jadi Rp18,28 triliun. Peningkatan tersebut dilakukan hanya dalam kurun waktu enam tahun yakni tahun 2005 sampai 2011.

Tak sampai situ saja, Arsjad juga berhasil memulihkan perusahaan yang sempat terdampak adanya penurunan harga batubara pada 2013 sampai 2016. Dengan memimpin kurang lebih 1.000 pekerja, Arsjad sukses membalikkan kondisi perusahaan menjadi lebih baik.

Di bawah kepemimpinannya, Arsjad berhasil melakukan diversifikasi usaha perusahaan INDY dengan mengarahkan investasi di bidang lain non-batubara seperti teknologi digital bahkan energi baru terbarukan.

Arsjad Rasjid juga dipercaya sebagai Ketua Umum Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia periode 2021-2026.

Seperti diketahui, Arsjad Rasjid dikabarkan jadi salah satu tokoh yang berpotensi ikut memenangkan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 nanti. Mesi demikian, belum ada hasil final terkait pelibatan PDI Perjuangan atas Arsjad untuk memenangkan capresnya tersebut.

Itulah informasi terkait profil Arsjad Rasjid. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.