Bagikan:

YOGYAKARTA – Untuk memenangkan Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024 nanti, PDI Perjuangan akhirnya memutuskan untuk memilih Arsjad Rasjid sebagai ketua tim pemenangan nasional (TPN) Ganjar. Lalu apa alasan PDIP dan koalisi pilih Arsjad Rasjid?

Alasan PDIP dan Koalisi Pilih Arsjad Rasjid

Seperti diketahui, dipilihnya Arsjad Rasjid sebagai ketua TPN Ganjar Pranowo sempat diumumkan oleh Ketua Perindo Hary Tanoesodibjo setelah rapat Ketum partai pendukung Ganjar Pranowo di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, pada hari Senin, 4 September lalu.

Hary Tanoesodibjo menjelaskan bahwa Arsjad Rasjid disebut gesit memiliki jaringan yang luas.

“Ketua TPN, Tim Pemenangan Nasional adalah Pak Arsjad Rasjid tadi di putuskan. Beliau muda gesit dan pengetahuannya luas, dan juga networknya juga sangat luas. Dan juga Ketua Umum Kadin,” jelas Hary pada wartawan.

Di lain kesempatan, Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah juga mengungkapkan tiga pertimbangan mengapa koalisi yang diisi oleh beberapa partai memilih Arsjad sebagai Ketua TPN Ganjar yakni sebagai berikut.

  1. Representasi Kalangan Dunia Usaha

Arsjad dianggap mewakili kalangan dunia usaha yang diperlukan untuk menentukan kebijakan ekonomi Ganjar Pranowo nantinya.

"Sebab kita membutuhkan peran dunia usaha untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan kesejahteraan rakyat secara luas, guna menopang agenda Visi Indonesia Emas 2045," jelasnya.

  1. Mewakili Jiwa Muda

Said menilai bahwa profil Arsjad Rasjid merepresentasikan jiwa muda. Ia juga memiliki pengalaman baik dari sisi akademik maupun jaringan. Said juga menyinggung pemilih Indonesia di Pemilu 2024 yang akan didominiasi oleh generasi muda, sehingga keputusan tersebut memudahkan pemetaan pemilih muda.

"Lebih dari 50 persen pemilih pada pemilu 2024 adalah kalangan muda. Oleh sebab itu, kami membutuhkan kepemimpinan anak muda, sekaligus memahami karakter anak muda, sehingga komandan pemenangan memahami narasi yang tepat yang perlu disampaikan kepada pemilih, khususnya pemilih muda," jelas Said.

  1. Menyukseskan Program Jokowi

Sosok Arsjad juga dianggap penting dalam menyukseskan program Presiden Jokowi yang berkaitan dengan ekonomi. Salah satunya adalah Arsjad membantu membangun serta mengembangkan ekosistem kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV) di tanah air.

  1. Ikatan dengan Ganjar Sudah Terbentuk

Ikatan antara Gubernur Ganjar Pranowo dan Arsjad sudah terjalin sangat baik. Kondisi tersebut dianggap jadi modal personal antar keduanya. Ganjar dan Arsjad juga sudah saling percaya, sehingga akan terjalin loyalitas dalam Pilpres 2024.

  1. Saling Melengkapi

Said juga menjelaskan bahwa kepemimpinan Arsjad nantinyaa akan ditopang berbagai unsur wakil ketua tim pemenangan seperti unsur purnawirawan Jenderal TNI dan Polri, dan tokoh masyarakat. Unsur tersebut akan saling melengkapi jaringan teritorial. Kolaborasi tersbeut bersifat kolektif kolegial yang mencerminkan unsur kekuatan nasional serta mencerminkan jiwa gotong royong.

  1. Melibatkan Pakar dan Ahli dari Berbagai Disiplin Ilmu

Ikon pemenangan Ganjar Pranowo adalah gerak cepat terus melaju untuk Indonesia Maju. Oleh karenanya tim membentuk dewan pakar dari berbagai ahli dan disiplin ilmu mulai dari akademisi, teknokrat, bahkan melibatkan pakar kebijakan publik.

Seperti diketahui, Arsjad Rasjid adalah Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin). Ia juga dikenal sebagai sukses. Selain terkait alasan PDIP dan koalisi pilih Arsjad Rasjid, kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.