Ada Ikon Pria Hamil di Daftar Emoji 14.0, Ini Penjelasannya!
Rancangan Emoji 14.0 itu terdapat gambar pria hamil dengan berbagai pilihan warna kulit. (ilustrasi: emojipedia)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa daftar rancangan emoji untuk generasi berikutnya baru saja diumumkan. Hal ini dilakukan sebagai persiapan menjelang perayaan Hari Emoji Sedunia pada 17 Juli. Menariknya, dalam daftar rancangan Emoji 14.0 itu terdapat gambar pria hamil dengan berbagai pilihan warna kulit. Lantas apa maksud dari emoji ini?

"Pria Hamil dan Orang Hamil masih baru, dan menyadari bahwa kehamilan mungkin terjadi pada beberapa pria transgender dan orang non-biner. Ini adalah tambahan dari emoji Wanita Hamil yang ada,” tulis Emojipedia dalam blog resminya yang dikutip dari Yahoo News, Jumat, 16 Juli.

Tidak hanya emoji pria hamil, terdapat pula dua jari tangan (jempol dan telunjuk) menyilang berbentuk hati, dimana biasa digunakan orang untuk merayu. Emoji baru lainnya juga mencakup wajah tersenyum yang meleleh, kondisi baterai lemah, bola disko, serta jari telunjuk yang menunjuk.

Terdapat beberapa emoji dengan mengusung semangat perluasan ras dan inklusivitas gender yang berkelanjutan. Ini seperti, emoji jabat tangan antar warna kulit yang beragam. Adapula, ada emoji yang menunjukkan seseorang dengan mahkota sebagai emoji pangeran dan putri dalam berbagai warna kulit.

Tak kalah menarik dari jajaran emoji di atas, terdapat juga emoji tengkorak hasil Sinar X-ray yang mungkin bisa digunakan untuk mengekspresikan hal menakutkan. Media online The Verge juga dikabarkan berkontribusi untuk membuat emoji yang masuk dalam daftar rancangan, salah satunya adalah emoji wajah yang sedang melakukan gerakan hormat.

Namun, daftar rancangan ini belum merupakan versi final dari Emoji 14.0. Rilis Emoji 14.0 mengalami penundaan tahun ini karena pandemi. Daftar rancangan yang telah diumumkan ini juga tidak akan dirilis oleh Unicode Consortium hingga September mendatang.

"Dalam beberapa tahun terakhir, mayoritas calon draf emoji akhirnya masuk dalam daftar final. Daftar ini, khususnya, telah dikerjakan untuk jangka waktu yang lebih lama, setelah Unicode 14.0 ditunda karena COVID-19," ujar Emojipedia.

Meski baru September nanti Emoji 14.0 dirilis, secara umum sebagian besar emoji yang ditampilkan dalam daftar rancangan itu berhasil lolos. Kemudian untuk versi final Emoji 14.0, baru akan diluncurkan ke berbagai perangkat dan platform mulai akhir 2021 hingga 2022.

Perangkat Google Pixel-lah yang akan pertama kali mendapat dukungan Emoji 14.0 pada Oktober hingga Desember tahun ini. Untuk Apple, Samsung, Twitter, dan Facebook akan menyusul di tahun depan.