Arkeolog Inggris Temukan Lantai Mosaik Romawi di Bakal Lokasi Pembangunan Supermarket
Penemuan lantai mosaik Romawi di Inggris. (Twitter/@oatweet)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang arkeolog di Inggris telah menemukan sebuah lantai mosaik Romawi yang "fantastis" di tanah yang diperuntukkan bagi sebuah supermarket, menunjukkan bahwa sebuah vila pernah menempati situs tersebut.

Sebuah tim ahli dari Arkeologi Oxford diminta untuk menyurvei sebidang tanah di kota Olney, dekat Milton Keynes di Buckinghamshire, sebelum pekerjaan membangun toko Aldi di lokasi tersebut.

Begitu mereka menggali, mereka menemukan ubin mozaik berwarna yang sekarang mereka yakini sebagai bagian dari vila Romawi, dengan pemandian di dekatnya.

Mengumumkan "penemuan yang cukup menarik" di Twitter, Arkeologi Oxford menuliskan: "Ada pemukiman Romawi yang sebelumnya dikenal di Olney #buckinghamshire jadi ketika pekerjaan dimulai, kami tahu ada kemungkinan untuk menemukan beberapa struktur dan penemuan yang cukup keren tapi ... sebuah mozaik! Wow!," seperti dilansir dari CNN 21 Maret.

Mosaik tersebut masih menampilkan "warna-warna cerah dan pola dekoratif yang rumit," menurut siaran pers dari Oxford Archaeology.

"Bagian yang tidak tertutup, sangat semarak, menunjukkan dekorasi biru dan krem ​​di tepi luar dan pola merah, putih, dan biru dengan elemen dekoratif khas Romawi di bagian dalamnya," bunyi keterangan tersebut.

Tim tersebut didaftarkan oleh pengembang Angle Property, karena bukti pemukiman Romawi sebelumnya telah ditemukan di bagian kota ini.

Di dekat mozaik, para arkeolog menemukan beberapa bangunan batu yang mereka yakini mungkin merupakan tangki air dan bagian dari rumah pemandian.

"Karena lokasi situsnya, kami mengantisipasi beberapa peninggalan Romawi yang terkenal, tetapi penemuan mozaik yang fantastis ini jauh melebihi harapan tersebut," terang John Boothroyd, manajer proyek senior di Arkeologi Oxford.

Anthony Williamson, direktur eksekutif dan pemilik sebagian dari Angle Property, mengatakan penemuan itu "mengejutkan kami semua."

"Mosaik Romawi menambah pengetahuan dan pemahaman kita tentang sejarah kita dan itu akan dicatat sepenuhnya dan informasinya diterbitkan pada waktunya," tambahnya.

Penemuan Romawi yang luar biasa seperti itu tidak pernah terdengar di Inggris. Tahun lalu, sebagian besar mosaik Romawi yang terpelihara dengan baik ditemukan di London dekat Shard, gedung tertinggi di ibu kota. Situs yang digali oleh para arkeolog ini sebelumnya berfungsi sebagai tempat parkir mobil.

Setahun sebelumnya, sebuah mosaik Romawi ditemukan di sebuah peternakan Inggris. Itu adalah yang pertama dari jenisnya yang ditemukan di Inggris untuk menggambarkan pertempuran pahlawan Yunani Achilles dengan Hector selama Perang Troya.