Pj Gubernur DKI Ajak Menteri Korsel dengan Rombongan Puluhan Pengusaha Asing Jajal LRT
Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono mengajak menteri Korsel dan puluhan pengusaha asing menjajal LRT Jakarta

Bagikan:

JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengajak Minister for Land, Infrastructure and Transport of the Republic of Korea (Menteri Agraria, Infrastruktur, dan Transportasi Korea Selatan), Won Hee-ryong untuk mencoba LRT Jakarta dengan rute Velodrome-Pegangsaan Dua.

Saat mencoba menaiki LRT Jakarta, Won Hee-ryong tak sendiri. Ia membawa puluhan pengusaha asal Korea Selatan untuk ikut menjajal kereta ringan tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto yang juga ikut bersama rombongan.

"Bersama saya, Bapak Menteri membawa rombongan 57 pengusaha. Jadi pemerintah Indonesia sedang berusaha untuk mengajak sebanyak-banyaknya foreign direct investment ke Indonesia," kata Gandi di Depo LRT Pegangsaan Dua, Jakarta Utara, Jumat, 17 Maret.

Dari peninjauan rombongan pengusaha Korsel ke LRT ini, lanjut Gandi, Won Hee-ryong memfasilitasi mereka untuk melirik proyek-proyek infrastruktur yang sedang dikembangkan pemerintah Indonesia.

Barangkali, pengusaha asing tersebut minat untuk berinvestasi dalam kelanjutan pembangunan LRT Jakarta maupun proyek lainnya.

"Melalui Bapak Menteri ini, yang kebetulan beliau adalah gubernur dua periode di Pulau Jeju yang anda kenal. Sehingga, sangat paham masalah transportasi. Beliau adalah pilihan tepat. Saya harapkan beliau menerapkan ilmunya juga, berbagi kepada Jakarta," jelas dia.

Menanggapi hal itu, Won Hee-ryong mengatakan negaranya bisa menjadi mitra strategis dalam mengembangkan pembangunan infrastruktur di Indoneisa, khususnya Jakarta.

"Saya mengetuai delegasi Korea Selatan dalam skala sangat besar. Ada beberapa badan usaha milik pemerintah seperti seperti Korean National Railway ada banyak pelaku usaha atau investor, dan masih banyak perusahaan besar bergerak di bidang transportasi dan infrastruktur. Ada juga UMKM dan perusahaan entertain," jelas dia.

"Kami ingin memperluas lingkup kerjasama dengan indonesia, khusunya Jakarta dan juga untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara," lanjutnya.

Usai menjajal LRT Jakarta, Won Hee-ryong menghadiahi Pj Gubernur Heru album dari dua grup vokal ternama asal Korea Selatan, yakni Blackpink dan BTS.

Selanjutnya, Heru pun menghadiahi Won Hee-ryong miniatur kereta LRT Jakarta untuk dibawa pulang ke negeri ginseng tersebut. Penukaran suvenir ini diterima keduanya dengan senyum semringah.