Wapres Minta Penegakan Aturan terhadap WNA Jangan Sampai Bikin Takut Turis Asing Datang ke RI
Wapres Ma'ruf Amin/Tangkap layar

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta aturan-aturan yang berlaku di Indonesia ditegakkan dan diterapkan kepada warga negara asing (WNA) tanpa harus membuat para wisatawan asing takut datang ke Indonesia.

Hal itu disampaikan Wapres menanggapi adanya sejumlah wisatawan asing yang melanggar hukum saat berwisata ke Indonesia, salah satunya di Bali dengan melanggar peraturan lalu lintas termasuk bekerja secara ilegal.

"Tentu harus ada semacam pengawasan di sana, dan apa ya, ya pembinaan terhadap para wisatawan itu, sebelum dia masuk itu harus sudah diberi tahu dulu bahwa dia itu tidak boleh melakukan hal-hal yang dilarang," kata Wapres dilansir ANTARA, Jumat, 17 Maret.

Dia menyampaikan Indonesia sebagai negara hukum, telah menetapkan aturan-aturan hukum yang berlaku bagi wisatawan asing.

Menurutnya aturan itu perlu ditegakkan, namun jangan sampai membuat wisatawan menjadi takut masuk ke Indonesia.

"Ada semacam komitmen untuk masuk ke Indonesia itu dengan cara yang baik tentunya, jangan sampai orang menjadi takut, kalau dampaknya orang takut masuk ke Indonesia akhirnya orang nggak datang lagi, nggak ada wisatawan," kata Wapres.

Wapres mengatakan Indonesia tentu akan rugi jika wisatawan asing takut untuk datang. Namun, dia menekankan wisatawan juga tidak boleh seenaknya di negara hukum.

"Tentu tidak boleh seenaknya. Saya kira itu perlu ada penegasan. Gubernur (Bali, red) sudah bikin laporan dan akan ditindaklanjuti itu," tutur Wapres Ma'ruf.