Bagikan:

JAKARTA - PT MRT Jakarta meluncurkan inovasi robot pintar yang seolah menjadi pegawai patroli di area stasiun. Robot tersebut dinamakan DINA (Digital Intelligent Assistant) yang ditempatkan di Stasiun Lebak Bulus Grab, Jakarta Selatan.

Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Muhammad Effendi mengungkapkan, robot surveillance yang bisa berjalan ini dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan MRT Jakarta.

"Fungsi dari Robot DINA ini ialah melakukan patroli di area stasiun untuk mengawasi operasional stasiun termasuk fasilitas dan kondisi area publik," kata Effendi dalam keterangannya, Rabu, 28 Desember.

Selain itu, Robot DINA juga bisa diajak berbicara dengan pelanggan. Dalam artian, robot ini mampu melakukan interaksi dua arah dengan penumpang. Namun, yang sesungguhnya berinteraksi dengan pelanggan adalah petugas di stasiun yang menggunakan perangkat teknologi sambungan dengan robot tersebut.

"Saat uji coba, saya sudah mencoba berkomunikasi dengan salah satu penumpang. Penumpang tersebut melihat saya melalui layar di Robot DINA dan saya melihat melalui layar komputer yang nantinya ada di salah satu ruangan di stasiun," ungkap Effendi.

"Bahkan, kita bisa mengecek dan melihat apa yang dilihat oleh Robot DINA ini melalui ponsel, meskipun sedang berada di rumah atau kantor,” lanjutnya.

Effendi mengungkapkan, Robot DINA juga membantu tingkat manajemen untuk mengetahui bagaimana kondisi nyata (real time) di stasiun sehingga membantu dalam pengambilan keputusan atau kebijakan.

"Ke depannya Robot DINA ini akan semakin berkembang sesuai dengan kebutuhan operasional kami di Stasiun, baik itu dalam membantu pelayanan kepada penumpang maupun pengawasan keamanan. Robot DINA dapat berpatroli secara otonom maupun menggunakan kendali petugas," urai Effendi.

Usai masa uji coba, MRT Jakarta akan melakukan kajian dan evaluasi untuk penambahan Robot DINA di stasiun lain, termasuk stasiun-stasiun yang tengah dibangun dalam fase 2A.