Polri Siagakan Tim SAR dan Sarpras Antisipasi Potensi Cuaca Ekstrem Hari Ini
Seorang warga menggunakan payung menerobos lebatnya hujan di kawasan Kotabaru, Yogyakarta. (ANTARA-Noveradika)

Bagikan:

JAKARTA - Polri memerintahkan seluruh jajaran Polda dan Polres mempersiapkan langkah mitigasi terkait potensi cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi di Jabodetabek.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) telah mengeluarkan peringatan dini hujan lebat disertai angin kencang hari ini Rabu 28 Desember.

"Saat anev (analisa dan evaluasi) dengan seluruh polda dan polres jajaran, Pak Wakapolri sudah mengarahkan untuk mempersiapan pasukan SAR dan Sarpras untuk menghadapi situasi kontijensi bencana alam," ujar Kadiv Humas Polri Dedi Prasetyo dalam keterangannya, Rabu, 28 Desember.

Dedi juga meminta para pimpinan kepolisian di wilayah hukum masing-masing memetakan potensi kerawanan kemudian memastikan secara langsung kondisi yang terjadi.

"Para Kasatwil sudah diperintahkan turun ke lapangan untuk mapping kerawanan yang mungkin dapat terjadi di wilayah masing-masing dan siapkan kontijensi plan secara maksimal," kata Dedi.

Sebelumnya, peneliti klimatologi BRIN Erma Yulihastin menyebutkan, akan ada hujan ekstrem hingga badai dahsyat melanda Jabodetabek pada Rabu 28 Desember.

Perkiraannya terkait cuaca itu berdasarkan data yang dihimpun dari sistem peringatan dini bencana berbasis satelit, Sadewa.

"Siapapun anda yang tinggal di Jabodetabek dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022," tulis Erma dalam akun Twitternya, @EYulihastin.

BMKG pun merespons kabar yang menjadi perbincangan masyarakat itu. BMKG melaporkan potensi akan terjadi badai dahsyat di wilayah Jabodetabek pada Rabu 28 Desember 2022 kecil.

"Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG pada 28 Desember 2022, pada umumnya adalah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Namun bukan badai!" tegas Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto.

Atas prakiraan cuaca tersebut, ia mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan terus memperbaharui informasi melalui kanal-kanal resmi BMKG.

Guswanto menambahkan, masyarakat juga diimbau tetap waspada terhadap segala potensi bencana hidrometeorologi di penghujung tahun.

"BMKG mengimbau masyarakat agar mewaspadai dampak dari potensi cuaca ekstrem ini yaitu adanya potensi bencana hidrometeorologis," tandasnya.

Terkait