Transjakarta Tambah Operasional Bus Saat Natal dan Tahun Baru di Lokasi Keramaian
ILUSTRASI ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan menambah jumlah bus yang akan beroperasi saat perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Penambahan ini dilakukan khususnya pada titik-titik keramaian.

Direktur Operasi dan Keselamatan PT Transjakarta, Yoga Adiwinarto mengungkapkan, pada musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), penambahan armada bus Transjakarta dilakukan di lokasi-lokasi wisata.

"Rencana operasi di mana seperti di Ragunan, TMII, dan Ancol. Secara historis itu yang cukup banyak. Jadi di situlah kami akan melakukan penambahan armada," kata Yoga kepada wartawan, Rabu, 21 Desember.

Kemudian, akan ada pembukaan rute-rute bus, misalnya dari Ciledug, dari Puri Beta, ke Ragunan. Lalu, rute dari Ancol ke Harmoni. Hal ini dilakukan untuk mempercepat pengunjung untuk bisa menggunakan angkutan umum.

Pada Hari Raya Natal, Transjakarta menambah armadanya selama prosesi misa atau kebaktian di dekat gereja-gereja, termasuk Katedral Jakarta.

"Jadi nanti seandainya kalau mereka bubar misa, itu sudah ada tersedia bus kami yang akan mengangkut ke halte-halte terdekat. DJuga dari halte tersebut juga akan kami tambahkan bus supaya pelanggan enggak menunggu lama," ungkap Yoga.

Sementara saat malam Tahun Baru, bus Transjakarta yang beroperasi malam hari juga akan ditambah. Penambahan itu khususnya dilakukan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang dijadikan perayaan malam Tahun Baru tingkat provinsi.

Selain itu, Transjakarta juga menambah puluhan armada bus koridor 1 untuk menampung pelanggan yang menggunakan bus sepanjang Jalan Sudirman hingga MH Thamrin saat malam Tahun Baru.

"Akan ada penambahan kurang lebih 60 bus di koridor 1 (Blok M-Kota) untuk menyuplai pelanggan dari tempat-tempat keramaian tersebut menuju ke tempat masing-masing. Kurang lebih kalau malam hari biasanya antara 70 sampai 80 bus. Jadi akan ada 140 sekian pada malam harinya. Kami enggak pengen orang turun terus lama menunggu di halte," jelas Yoga.

Penambahan bus dengan jumlah yang cukup banyak pada malam hari ini dilakukan demi memfasilitasi masyarakat untuk bermobilitas lantaran akan ada penerapan car free night di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.

"Sehingga pada saat bubaran acara dari sepanjang Sudirman-Thamrin, bus akan kami tambah. Karena, kan, dari mulai jam 8 malam itu akan ditutup. Kami dengan dishub juga berkoordinasi apakah memungkinkan bus kami untuk lewat," imbuhnya.