Operasional Bus Wisata Transjakarta Gratis Diperpanjang Hingga 8 Januari 2023
ILUSTRASI ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) memperpanjang masa operasional bus wisata untuk menyambut libur Tahun Baru 2023. Gratis sejak 25 Desember lalu, operasional bus wisata ini diperpanjang hingga 8 Januari 2023.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Anang Rizkani Noor berujar, Transjakarta menyediakan sebanyak 8 (Delapan) unit bus yang dapat digunakan pelanggan.

"Kapasitas bus maksimal mengangkut sebanyak 80 orang dan tidak diperbolehkan ada pelanggan yang berdiri. Kami juga mengoperasikan bus wisata dengan atap terbuka (open roof) yang bisa dinikmati oleh masyarakat,” kata Anang dalam keterangannya, Rabu, 28 Desember.

Anang menjelaskan, bus wisata yang sebelumnya beroperasi setiap Selasa sampai Minggu akan melayani masyarakat setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 17.00 WIB. Ada dua rute yang dilintasi yakni Istiqlal – Bundaran HI (BW2) dan IRTI Monas – Bundaran Senayan (BW4).

“Masyarakat bisa menikmati keindahan jantung Ibukota di masa libur akhir tahun bersama layanan bus wisata tanpa dikenakan tarif atau gratis," tutur Anang.

Kemudian, akan menambah jumlah bus yang akan beroperasi saat perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Penambahan ini dilakukan khususnya pada titik-titik keramaian.

Direktur Operasi dan Keselamatan PT Transjakarta, Yoga Adiwinarto mengungkapkan, pada malam Tahun Baru 2023, penambahan armada bus Transjakarta dilakukan di lokasi-lokasi wisata.

"Rencana operasi di mana seperti di Ragunan, TMII, dan Ancol. Secara historis itu yang cukup banyak. Jadi di situlah kami akan melakukan penambahan armada," ujar Yoga.

Kemudian, Transjakarta juga akan ada pembukaan rute-rute bus, misalnya dari Ciledug, dari Puri Beta, ke Ragunan. Lalu, rute dari Ancol ke Harmoni. Hal ini dilakukan untuk mempercepat pengunjung untuk bisa menggunakan angkutan umum.

Sementara saat malam Tahun Baru, bus Transjakarta yang beroperasi malam hari juga akan ditambah. Penambahan itu khususnya dilakukan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang dijadikan perayaan malam Tahun Baru tingkat provinsi.

Selain itu, Transjakarta juga menambah puluhan armada bus koridor 1 untuk menampung pelanggan yang menggunakan bus sepanjang Jalan Sudirman hingga MH Thamrin saat malam Tahun Baru.

"Akan ada penambahan kurang lebih 60 bus di koridor 1 (Blok M-Kota) untuk menyuplai pelanggan dari tempat-tempat keramaian tersebut menuju ke tempat masing-masing. Kurang lebih kalau malam hari biasanya antara 70 sampai 80 bus. Jadi akan ada 140 sekian pada malam harinya. Kami enggak pengen orang turun terus lama menunggu di halte," jelas Yoga.