Malam Tahun Baru, Transjakarta Tambah Armada dan Perpanjang Jam Operasional Hingga Pukul 02.00 WIB
DOK ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - PT Transportasi Jakarta menambah jumlah armada busnya dan memperpanjang jam operasional hingga pukul 02.00 WIB saat perayaan malam Tahun Baru 2023. Kebijakan tersebut berlaku mulai Sabtu, 31 Desember 2022 hingga Minggu, 1 Januari 2023 dini hari.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Anang Rizkani Noor menuturkan, bus Transjakarta yang akan ditambah selama perayaan malam pergantian tahun sebanyak 70 unit. Penambahan ini akan melengkapi 133 unit bus angkutan malam hari (amari) yang telah dioperasikan sebelumnya.

“Bus-bus tambahan ini akan standby. Kita fokuskan di titik-titik keramaian, seperti sepanjang jalan Sudirman–Thamrin karena akan ada Car Free Night di sana. Sehingga setelah bubaran masa, mereka bisa segera mendapat akses transportasi yang cepat aman dan nyaman,” kata Anang dalam keterangannya, Kamis, 29 Desember.

Sementara itu, Transjakarta akan menutup akses ke lantai dua pada halte-halte ikonik seperti Halte Bundaran HI dan Halte Tosari yang ada di Koridor 1 (Blok M – Kota) saat malam Tahun Baru.

Hal ini bertujuan agar masyarakat bisa menikmati rangkaian kegiatan yang sudah disiapkan oleh Pemprov DKI di sepanjanga Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin.

“Setelah sampai baik di Halte Bundaran HI maupun Tosari, masyarakat diimbau untuk langsung menuju lokasi sehingga tidak bertumpuk di dalam halte,” ujar Anang.

Selain itu, Transjakarta juga melakukan penambahan jam operasional terhadap 5 rute yang akan menjadi titik keramaian saat malam pergantian tahun baru. Harapannya, selain memberi akses transportasi, penyesuaian ini dilakukan sebagai antisipasi adanya penumpukan pelanggan usai acara.

“Pelanggan tidak perlu khawatir, Transjakarta siap mengantar masyarakat kembali ke lokasi tujuan setelah kegiatan usai. Kami mengimbau pelanggan untuk mengatur waktu perjalanan sesuai jadwal operasional yang ditetapkan,” kata dia.

Sebagai rincian, berikut rute-rute yang mengalami perpanjangan jam operasional:

1. Ragunan – Monas via Semanggi (6B);

Layanan tambahan akan beroperasi mulai pukul 00.30 – 02.00 WIB.

2. Harmoni – Ancol (5H);

Layanan tambahan akan beroperasi mulai pukul 22.00 – 02.00 WIB.

3. Pinang Ranti – Bundaran Senayan (9C);

Layanan tambahan akan beroperasi mulai pukul 22.00 – 02.00 WIB.

4. Pantai Maju – Balaikota (1A);

5. Layanan tambahan akan beroperasi mulai pukul 22.00 – 02.00 WIB dengan perpendekan menjadi Pantai Maju – Harmoni.

6. Pancoran – Kampung Rambutan (9D);

Layanan tambahan akan beroperasi mulai pukul 22.00 – 02.00 WIB.