Bandara Changi Singapura Uji Coba Layanan Baru Pelacakan Bagasi Melalui Aplikasi
Ilustrasi. (Unsplash/Benjamin Elliott)

Bagikan:

JAKARTA - Bandara Changi, Singapura telah meluncurkan layanan uji coba untuk membantu penumpang melacak keberadaan koper dan tas bawaan mereka.

Pelacak bagasi, yang tersedia melalui aplikasi iChangi, menyediakan pembaruan status bagasi bagi penumpang yang berangkat, tiba dan pindah penerbangan.

Setelah penumpang check-in, mereka dapat memindai barcode atau memasukkan nomor pada rintisan tag tas ke dalam pelacak.

Jika notifikasi diaktifkan, penumpang akan mengetahui kapan tas mereka telah didaftarkan dan dimuat ke dalam pesawat untuk keberangkatan, dan saat berada di sabuk kedatangan. Tas dapat dilacak hingga tiga hari.

Menurut situs web Bandara Changi, sebagian besar tas check-in dapat dilacak oleh pelacak, kecuali untuk tas berukuran ganjil, tas yang diperiksa di gerbang, tas yang diberi label rilis terbatas.

"Pelacak Bagasi iChangi menggunakan kombinasi informasi yang disediakan oleh maskapai yang Anda tumpangi dan sistem bagasi Bandara Changi untuk memberi Anda perjalanan tas Anda melalui Bandara Changi," kata situs web pelacak bagasi, melansir CNA 20 Desember.

Layanan ini tersedia untuk penumpang maskapai yang berpartisipasi, termasuk Singapore Airlines, Scoot, Jetstar Asia dan Malaysia Airlines.

Penumpang yang berangkat dari Bandara Changi akan dapat melacak bagasi mereka saat check-in hingga titik pemuatan. Sementara, mereka yang tiba di Bandara Changi akan dapat melacak bagasi mereka dari check-in di bandara asal hingga sabuk bagasi di Bandara Changi .

bandara changi singapura
Ilustrasi penumpang di Bandara Changi Singapura. (Wikimedia Commons/Terence Ong)

Adapun penumpang yang pindah penerbangan di Bandara Changi, akan dapat melacak bagasi mereka dari check-in hingga kedatangan mereka di Bandara Changi dan ke titik pemuatan untuk keberangkatan, jika penerbangan asal dan tujuan adalah maskapai yang berpartisipasi.

Untuk bagasi pindah penerbangan, sambungan singkat – misalnya, karena penerbangan masuk yang tertunda – dan penerbangan transfer Keamanan Satu Atap, hal ini mungkin tidak dapat dilacak, karena bagasi tersebut dapat dikelola langsung oleh maskapai penerbangan yang ditumpangi penumpang.

Untuk penumpang pindah penerbangan, jika pelacak menunjukkan bahwa tas akan dikirim ke sabuk di Singapura, mungkin karena mereka membeli tiket ke tujuan akhir mereka secara terpisah dan mungkin perlu mengambil tas mereka di sabuk kedatangan dan check-in lagi untuk penerbangan berikutnya.

Penumpang harus memeriksa di konter transfer untuk memastikan bahwa tas mereka telah didaftarkan ke tujuan akhir.

Bandara Changi mengatakan, informasi yang digunakan oleh pelacak maskapai dan pelacak bagasi barunya serupa.

"Maskapai Anda mungkin memberikan informasi tambahan yang hanya tersedia untuk mereka. Sementara pelacak kami mungkin menampilkan lebih banyak informasi yang terintegrasi dengan fasilitas bandara kami," tulis bandara di situs webnya.

Bagasi penumpang menggunakan kombinasi informasi yang disediakan oleh maskapai penerbangan dan sistem bagasi Bandara Changi.

Pihak Bandara mengatakan sedang bekerja untuk meningkatkan sistem pelacakan bagasi kedatangan di Terminal 1 dan Terminal 4, dan akan segera memberikan lebih banyak pembaruan.

Ditambahkan, tas dapat dimuat kapan saja sebelum penerbangan berangkat dan pemberitahuan mungkin tertunda.

"Jika Anda tidak dapat menemukan tas Anda di sabuk kedatangan, silakan lanjutkan ke konter Hilang dan Ditemukan untuk informasi dan bantuan lebih lanjut," tambah pihak bandara.