Kalahkan Petahana Qatar, Bandara Changi Singapura Terbaik di Dunia Tahun 2023 Versi Skytrax
Bandara Changi di Singapura. (Wikimedia Commons/The Erica Chang)

Bagikan:

JAKARTA - Bandara Changi Singapura menempati posisi teratas bandara terbaik di dunia, mengalahkan pemenang tahun lalu Bandara Internasional Hamad di Qatar, yang disusun berdasar survei kepuasan pelanggan bandara global tahunan terbesar.

Sementara, Bandara Internasional Dubai, Uni Emirat Arab berada di peringkat ke-17. Bandara tersibuk di dunia untuk penerbangan internasional ini turun tiga peringkat dari peringkat Skytrax tahun lalu.

Penghargaan Bandara Dunia Skytrax adalah yang paling dikenal di industri bandara. Pemeringkatan tahunan didasarkan pada pengalaman penumpang di bandara — dengan para pelancong diminta untuk menilai elemen perjalanan mereka, memberi peringkat semuanya mulai dari layanan check-in hingga fasilitas bandara.

Bandara Changi Singapura tidak asing dengan posisi teratas dalam daftar Skytrax. Hub tersebut sebelumnya menduduki peringkat teratas 12 kali, tetapi merosot dari posisi teratas selama pandemi global karena jumlah penumpang masuk dan keluar Singapura menyusut.

Rumah bagi air terjun, trampolin raksasa, dan jembatan kanopi kaca, bandara yang hijau rimbun ini memiliki hotel bandara terbaik dunia pada tahun 2023, Crowne Plaza Changi Airport.

Qatar sekarang menjadi bandara terbaik kedua di dunia, dengan Hamad International juga meraih penghargaan sebagai bandara terbersih dan terbaik di Timur Tengah, serta bandara terbaik dunia untuk berbelanja.

"Kami senang menerima penghargaan ini dari Skytrax World Airport Awards yang bergengsi dan terpilih sebagai salah satu bandara terkemuka di dunia. Ini adalah cerminan positif dari operasi bandara kami yang kuat dan dedikasi tim," kata Badr Mohammed Al-Meer, chief operating officer di Bandara Internasional Hamad, dilansir dari The National News 16 April.

"Selain itu, ini merupakan dukungan atas investasi kami dalam memastikan penumpang kami menikmati pengalaman perjalanan yang luar biasa dan dalam menyediakan mitra kami dengan fasilitas dan layanan terbaik," sambungnya.

Sementara itu, Jepang bernasib baik dalam peringkat Skytrax tahun ini, dengan empat bandara utama negara itu masuk dalam daftar 20 teratas, termasuk Tokyo International, juga dikenal sebagai Haneda, di tempat ketiga. Favorit di antara penumpang, itu juga dinobatkan sebagai bandara domestik terbaik dunia, bandara terbersih dan terbaik untuk aksesibilitas.

Sedangkan bandara-bandara di Seoul, Paris, Istanbul, Munich, Zurich dan Madrid melengkapi 10 bandara teratas versi Skytrax.

Bandara lain di kawasan Teluk meraih penghargaan individu dalam penghargaan Skytrax 2023. Bandara Internasional Bahrain memenangkan pengalaman pengiriman bagasi terbaik dan juga mendapat peringkat untuk memiliki staf bandara terbaik di Timur Tengah. Sedangkan Dammam Arab Saudi dinobatkan sebagai bandara regional terbaik.

Skytrax World’s Top 20 Airports 2023

  1. Singapore Changi Airport, Singapura
  2. Hamad International Airport, Qatar
  3. Tokyo International Airport (Haneda), Jepang
  4. Incheon International Airport, Korea Selatan
  5. Paris Charles de Gaulle Airport, Prancis
  6. Istanbul Airport, Turki
  7. Munich Airport, Jerman
  8. Zurich Airport, Swiss
  9. Narita International Airport, Jepang
  10. Madrid-Barajas Airport, Spanyok
  11. Vienna International Airport, Austria
  12. Helsinki-Vantaa Airport, Finlandia
  13. Rome Fiumicino Airport, Italia
  14. Copenhagen Airport, Denmark
  15. Kansai International Airport, Jepang
  16. Chubu Centrair International Airport, Jepang
  17. Dubai International Airport, UAE
  18. Seattle-Tacoma International Airport, Amerika Serikat
  19. Melbourne Airport, Australia
  20. Vancouver International Airport, Kanada