Jelang Pernikahan dengan Erina Gudono, Kaesang Pangarep ke Warga Yogyakarta-Solo: Saya Mohon Maaf, Pasti Macet
Putra bungsu Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep (tengah) mengikuti gladi bersih pernikahan di Royal Ambarukmo, Sleman, DI Yogyakarta/ANTARA

Bagikan:

SOLO - Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep memohon maaf kepada masyarakat, baik di Yogyakarta maupun di Solo, Jawa Tengah, yang nanti terganggu dengan acara pernikahannya Erina. Apalagi imbas banyaknya tamu yang datang menimbulkan kemacetan.

"Saya memohon maaf kepada masyarakat yang terganggu oleh kegiatan ini. Sekali lagi saya mohon maaf. Pasti akan macet di mana-mana. Di Yogyakarta dan Solo maupun kota sekitarnya, kami sekeluarga memohon maaf sebesar-besarnya," kata Kaesang usai mengikuti gladi bersih pernikahannya di Pendopo Royal Ambarrukmo, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta, Antara, Selasa, 6 Desember. 

Kaesang juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam acara pernikahannya dengan Erina Gudono pada 10 Desember 2022. "Terima kasih untuk semua pihak yang sudah terlibat dalam pernikahan saya yang akan berlangsung 10 Desember 2022," ujar Kaesang.

Kaesang berharap doa semua pihak agar seluruh rangkaian acara pernikahannya berjalan lancar. Kaesang menjelaskan bahwa prosesi akad nikah akan berlangsung pada Sabtu, 10 desember di Pendopo Royal Ambarrukmo, Kabupaten Sleman, pukul 13.00 WIB.

"Pukul 12.30 WIB undangannya. Akad akan dilakukan pukul 13.00 WIB," ujarnya.

Di Pendopo Royal Ambarrukmo, prosesi akad akan dilanjutkan dengan upacara "panggih" atau bertemunya mempelai pria dan wanita yang telah sah menjadi suami istri.

Menurut Kaesang, hanya 150 tamu yang diundang dalam acara itu.

"Setelah itu ('panggih'), ada resepsi kecil untuk foto-foto bagi undangan yang hadir. Kebetulan hanya 150 undangan di sini," kata dia.

Setelah prosesi akad dan "panggih" selesai kemudian dilanjutkan acara syukuran di Pura Mangkunegaran, Kota Solo, Jawa Tengah.

"Tapi sebelum itu, kami akan melakukan acara 'ngunduh mantu' di Loji Gandrung. Setelah 'ngunduh mantu', kami melakukan kirab dari Loji Gandrung hingga Pura Mangkunegaran," jelas dia.

Menurut Kaesang, untuk acara pesta pernikahan di Solo bakal didirikan sebanyak 9 panggung hiburan yang dipersembahkan untuk masyarakat.

Sebanyak 34 perusahaan miliknya dan UMKM binaannya akan dilibatkan untuk menyajikan berbagai hidangan yang dapat dinikmati masyarakat secara cuma-cuma.

"Kami memberikan secara cuma-cuma untuk masyarakat sekitar yang ingin mencoba makanan saya," ujar dia.