Pernikahan Kaesang-Erina di Yogya dan Solo, Jokowi: Apabila Mengganggu Lalu Lintas, Kami Mohon Maaf
Jokowi meresmikan Pembukaan Bahaupm Bide Bahana Tariu Borneo Bangkule Rajaking (TBBR) pada 29 November 2022. (Instagram jokowi)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat khususnya di Yogyakarta dan Solo terkait acara pernikahan putra bungsunya Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

Hal itu dikatakan Jokowi saat menghadiri rapat terakhir persiapan pernikahan Kaesang-Erina. Rapat berlangsung di Soga Resto Batik Danar Hadi Solo, Jawa Tengah, Minggu 4 Desember.

"Saya ingin mohon maaf yang sebesar-besarnya, kepada masyarakat baik di Yogya maupun yang di Solo atas pernikahan Kaesang dan Erina apabila nantinya di dalam acara tersebut mengganggu," kata Jokowi, dikutip dari kanal YouTube Berita Surakarta.

Seperti hajatan pada umumnya, penyelenggaraan acara pernikahan berdampak pada arus lalu lintas. Potensi volume kendaraan lebih meningkat jika acara digelar oleh pejabat, utamanya keluarga dari lingkungan Kepresidenan. Maka dari itu Jokowi meminta maaf sebelum terjadi.

"Baik mengganggu perjalanan, mengganggu lalu lintas yang ada, kami mohon maaf sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat di Yogya maupu di Solo," kata Jokowi.

Akad nikah Kaesang-Erina sedianya akan dilaksanakan di Yogyakarta pada Sabtu 10 Desember. Sedangkan acara tasyakuran berlangsung di Solo pada Minggu 11 Desember, pukul 11.00 WIB.

Jokowi menjelaskan acara pernikahan di Solo, keberangkatan dimulai dari Loji Gandrung di Jalan Slamet Riyadi kemudian kirab dan tasyakurannya di Pura Mangkunegaran Solo.

"Dari Loji Gandrung nanti kirab temanten menuju ke Pura Mangkunegaran," ujarnya.

Adapun rapat terakhir pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono yang dihadiri Presiden Jokowi digelar secara tertutup. Kegiatan itu berlangsung selama dua jam.

Minggu 4 Desember malam ini juga, setelah rapat selesai, Presiden Jokowi kembali ke Jakarta bersiap menjalani agenda kepresidenan yang harus diselesaikan.