Anggap Jokowi Sudah Jadi Bagian Keluarga, Wapres Pastikan Hadir di Pernikahan Kaesang-Erina
Kaesang Pangarep bersama calon istrinya, Erina Gudono menggunakan baju adat Jawa menjelang pernikahan pada Sabtu 10 Desember. (Instagram @erinagudono)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyatakan akan menghadiri pernikahan anak bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Dia menganggap keluarga Jokowi sebagai bagian keluarganya sendiri.

“Saya insya Allah datang, apalagi itu anak Presiden dan saya sebagai Wakil Presiden, sehingga merupakan bagian dari keluarga saya sendiri. Insya Allah saya datang,” kata Wapres kepada wartawan di Jakarta, Senin 5 Desember, disitat Antara.

Terkait keterlibatan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju dalam susunan kepanitiaan pernikahan Kaesang-Erina, Wapres menilai hal itu biasa karena para menteri termasuk juga orang dekat keluarga Jokowi.

Dia meyakini keterlibatan para menteri sebagai panitia tidak mengganggu kerja sebagai menteri.

“Soal kepanitiaan itu kan kembali lagi soal orang-orang dekat, biasanya begitu. Siapa yang dekat atau berada di lingkungannya maka akan menjadi panitia, dan kalaupun ada pejabat ya itu saya harap tidak mengganggu kinerja. Ya saya harap itu saja,” jelas Wapres.

Kaesang dan Erina dijadwalkan melangsungkan akad nikah di Pendopo Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu 10 Desember 2022. Sementara tasyakuran pernikahan akan berlangsung pada Minggu, 11 Desember 2022 di Puro Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah.

Tasyakuran pernikahan Kaesang dan Erina tidak dilaksanakan di Graha Saba Buana, Solo, yang dulu menjadi tempat resepsi pernikahan dua kakak Kaesang, dan merupakan gedung milik keluarga Jokowi, karena gedung itu sudah disewa oleh masyarakat pada hari yang sama.

Jokowi menegaskan tidak ingin mengganggu masyarakat yang telah lebih dulu menyewa gedung itu.