Pernikahan Anak Presiden RI Era Milenial: Mulai AHY dan Anissa hingga Kaesang dan Erina, Siapa Paling Glamor?
Pekerja Asmoro Dekorasi menyelesaikan dekorasi untuk acara Presiden Jokowi 'ngunduh mantu' Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Loji Gandrung, Solo. (Antara/Maulana Surya)

Bagikan:

JAKARTA - Menikah ketika menyandang status sebagai anak presiden memiliki kenangan tersendiri. Inilah yang kiranya dirasakan oleh dua putra Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro (Ibas). Serta, tiga anak Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming dan Kahiyang Ayu, serta Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

AHY menikah pada 8 Juli 2005 saat SBY belum genap 9 bulan menjabat presiden ke-6 Republik Indonesia. Sedangkan Ibas menikah pada 24 November 2011 ketika SBY menjalani jabatannya untuk periode kedua.

Begitu pula Gibran Rakabuming dan Kahiyang Ayu. Kedua anak Jokowi-Iriana ini pun melangsungkan pernikahan ketika sang ayah menjabat Presiden RI. Gibran menikah pada 11 Juni 2015 dan Kahiyang Ayu pada 8 November 2017. 

Anak ketiga Jokowi, Kaesang Pangarep juga mengikuti jejak kedua kakaknya, melangsungkan pernikahan ketika masih berstatus sebagai anak presiden. Prosesi akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono digelar di Yogyakarta pada 10 Desember 2022.

VOI merangkum momen pernikahan anak-anak presiden tersebut, berikut ulasannya:

Agus Harimurti Yudhoyono dan Annisa Pohan

AHY menikah pada usia 27 tahun, ketika dia masih aktif sebagai prajurit TNI berpangkat Letnan Satu. Terpaut tiga tahun lebih tua dari istrinya, Annisa Pohan yang kala itu berprofesi sebagai model dan presenter.

Rangkaian acara pernikahan sudah berlangsung sejak Kamis, 7 Juli 2008 berawal dari pengajian di rumah kedua keluarga besar. Lalu berlanjut dengan prosesi pemasangan bleketepe, rangkaian janur penolak bala di kediaman Puri Cikeas Indah, siraman, hingga serah-serahan.

Keesokan harinya, berlangsung akad nikah di kediaman Annisa Pohan. AHY memberikan mahar untuk anak kedua dari mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia Aulia Pohan, uang senilai Rp872.005 sesuai dengan tanggal akad nikah mereka, 8 Juli 2005. Bertindak sebagai saksi nikah adalah Jusuf Kalla yang saat itu menjabat Wakil Presiden.

Akad nikah Agus Harimurti Yudhoyono dan Annisa Pohan pada 8 Juli 2005. (Antara/Abror)

Kemudian, pada 9 Juli 2005, digelar resepsi pernikahan di Istana Bogor. Acara didahului oleh prosesi pedang pora oleh sejumlah prajurit TNI. Acara berlangsung meriah dan dihadiri 2.000 tamu undangan.

AHY dan Annisa mengenakan busana pengantin karya Adjie Notonegoro. Antara lain, kebaya adat Yogyakarta dalam nuansa modern.

Presiden SBY memberikan doa untuk anak sulungnya, "Saya mohon kepada Allah semoga pernikahan ini membawa berkah, abadi, dan membawa kebahagiaan," kata dia.

Saat ini, AHY telah mundur dari TNI dan fokus mengurusi Partai Demokrat. Sedangkan Annisa sudah memutuskan mundur dari dunia hiburan tak lama setelah menikah. AHY dan Annisa telah dikaruniai seorang putri yang kini sudah berusia 14 tahun.

Edhie Baskoro Yudhoyono dan Aliya Rajasa

Sama seperti sang kakak, Ibas juga mendapatkan jodoh anak pejabat. Siti Ruby Aliya Rajasa adalah putri sulung Hatta Rajasa yang ketika itu menjabat Menko Perekonomian. Ibas menikah pada usia 31 tahun, terpaut enam tahun lebih tua dari Aliya.

Sebagai anak presiden, Ibas juga mendapat keistimewaan dengan melangsungkan akad nikahnya di Istana Cipanas pada 24 November 2011. Bertindak sebagai saksi adalah Mantan Ketua MPR Amien Rais dan Wakil Presiden Boediono. Ibas memberikan mas kawin berupa koin emas seberat 100 gram.

Adapun resepsi digelar di Jakarta Convention Center pada 26 November 2011 dengan menyebar 3.500 undangan. Ibas-Aliya mengenakan sejumlah busana pengantin karya desainer asal Surabaya, Biyan Wanaatmadja.

Edhie Baskoro dan Siti Ruby Aliya Rajasa, pada 24 November 2011 (Antara/Abror)

Aliya yang berdarah Palembang berubah menjadi putri keraton Yogyakarta dengan sentuhan perias Tinuk Rifky. Riasan paes ageng dipadu dengan kebaya merah berekor sekitar satu meter membuat alumnus Sekolah Bisnis Manajemen Institut Teknologi Bandung terlihat cantik dan elegan.

“Melengkapi kecantikan Aliya, Ibas terlihat gagah menggunakan beskap merah. Pakaian pengantin maupun kebaya dan beskap yang dikenakan kedua keluarga inti dilengkapi dengan kristal dan payet emas. Kilaunya terpantul ketika tersorot cahaya,” tulis Tempo.co.

Kini, Ibas-Aliya sudah memiliki empat anak. Putri bungsu mereka lahir pada 23 Juli 2022.

Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda

Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka menikahi Selvi Ananda pada usia 28 tahun, terpaut 2 tahun lebih tua dari sang istri yang merupakan Putri Solo tahun 2009. Pernikahan mereka digelar di Graha Saba Buana Solo pada 11 Juni 2015.

Meski menyandang status anak presiden, pernikahan Gibran terkesan lebih sederhana. Untuk busana pengantin, Gibran mempercayakan desainer Tuty Adib Adiputra untuk acara akad nikah. Dalam balutan nuansa putih, tampilan Gibran dan Selvi tetap mencerminkan sisi elegan tanpa terlihat glamor berlebihan. Gibran mengenakan beskap dan Selvi mengenakan kebaya bergaya kutubaru khas Solo berdetail manik-manik dengan padanan kain jarik sidomukti.

Sedangkan di acara resepsi, Gibran juga lebih memilih desainer asal Solo Hanif Aisyah Nanjaya. Busana yang mereka pakai tampak elegan dan mewah, tetapi tetap mencerminkan kesederhanaan.

Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda menikah pada 11 Juni 2015. (Dok. Panitia)

Begitupun saksi, Presiden Jokowi tidak meminta kalangan pejabat tinggi meski hal itu sangat mudah dilakukannya. Jokowi lebih memilh Ketua RT setempat yang menjadi saksi pernikahan anaknya.

“Pak Jokowi ingin orang biasa saja yang jadi saksi nikah Gibran. Enggak perlulah pejabat tinggi," tutur sekretaris pribadi Jokowi, Anggit Nugroho di kediaman Jokowi, Solo pada 10 Juni 2015.

Gibran-Selvi sudah dianugerahi sepasang anak saat ini. Sejak 2020, Gibran juga memantapkan diri terjun ke dunia politik dengan mengikuti ajang Pilkada Kota Solo dan dia berhasil terpilih sebagai Wali Kota Solo untuk masa jabatan lima tahun ke depan.

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

Kahiyang Ayu memilih seorang pengusaha asal Medan, Bobby Nasution sebagai imam hidupnya. Pernikahan mereka digelar di Graha Saba Buana Solo pada 8 November 2017.

Serupa dengan sang kakak, Kahiyang-Bobby juga memilih desainer Tuty Adib Adiputra dan Hanif Aisyah Nanjaya untuk membuatkan busana pengantin. Kahiyang mengenakan busana adat Solo, lengkat dengan paes hijau dan alis menjangan ranggah.

Rangkaian pernikahan diawali dengan kirab. Keluarga Bobby akan berangkat dari Hotel Alila, Jalan Slamet Riyadi, Solo. Bobby akan naik kereta kuda menuju gedung pernikahan. Begitu pula Kahiyang. Dia akan berangkat menggunakan kereta kuda dari kediaman Jokowi di Jalan Kutai Utara, Sumber menuju Jl Letjen Suprapto - Graha Saba Buana.

Pasangan pengantin Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution saat prosesi akad nikah dan resepsi pernikahan, di Solo, Rabu 8 November 2017. (Antara/R. Rekotomo).

Namun, untuk saksi nikah berbeda dengan pernikahan sang kakak. Bukan lagi memilih orang biasa, Presiden Jokowi meminta Wakil Presiden Jusuf Kalla menjadi saksi nikah untuk anak keduanya.

“Mohon doa, agar mereka selalu dipenuhi dengan cinta dan kasih sayang, membangun keluarga yang baru,” cuit Jokowi pada hari pernikahan mereka.

Bobby yang saat ini menjabat Wali Kota Medan memberikan mahar kepada Kahiyang berupa seperangkat alat solat dan emas senilai 80 gram.

Pada 25 Agustus lalu, anak ketiga mereka berjenis kelamin laki-laki lahir. Cucu kelima Jokowi yang merupakan adik dari Sedah Mirah dan Panembahan Al Nahyan tersebut terlahir sehat dengan berat badan 3,49 kg dan panjang badan 48 sentimeter melalui operasi caesar. 

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Istri Kaesang Pangarep merupakan wanita berprestasi dalam dunia pendidikan. Erina Gudono pernah menjadi delegasi Indonesia untuk Harvard World Model United Nation dan berhasil menjadi juara Business Project Competition di Tokyo, Jepang.

Erina juga pernah menjadi juara AIESEC Social Initiative Competition dan juara National Business Plan Competition, dan meraih Most Social Spirited Scholar dari UGM FEB Award. Bahkan atas prestasi akademiknya, Erina tercatat memenangi lebih dari 20 penghargaan di kompetisi bisnis.

Kaesang Pangarep resmi menikahi Erina Gudono di Yogyakarta pada 10 Desember 2022. (Tangkapan Layar YT Presiden Jokowi)

Seperti yang diberitakan VOI, akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono dilaksanakan di Yogyakarta pada Sabtu 10 Desember. Sedangkan acara ngunduh mantu berlangsung di Solo pada Minggu 11 Desember, pukul 11.00 WIB.

Bertindak sebagai saksi nikah adalah Menteri sekretaris Negara Pratikno dan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

"Saya ingin mohon maaf yang sebesar-besarnya, kepada masyarakat baik di Yogya maupun yang di Solo atas pernikahan Kaesang dan Erina apabila nantinya di dalam acara tersebut mengganggu," kata Jokowi.