Selain Kaesang dan Erina, ini 4 Anak Presiden yang Menikah di Era Milenial
Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (Tangkapan Layar Youtube Presiden Joko Widodo)

Bagikan:

JAKARTA - Tak cuma dari kalangan artis, pernikahan dari para pesohor Indonesia termasuk anak Presiden juga selalu mencuri perhatian. Putra bungsu Presiden Joko Widodo yaitu Kaesang Pangarep telah melangsungkan pernikahan dengan Erina Gudono pada Sabtu, 10 Desember 2022.

Sebelumnya, pernikahan para anak Presiden lainnya juga begitu meriah dan mewah. Berikut ini kumpulan momen pernikahan para anak Presiden Indonesia.

Agus Harimurti Yudhoyono dan Annisa Pohan

(Instagram/@annisayudhoyono)

Pernikahan anak presiden di era milenial pertama ada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Annisa Pohan. Keduanya menikah pada 8 Juli 2005, tepat sembilan bulan masa jabatan pertama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 

(Instagram/@annisayudhoyono)

Mahar yang diberikan AHY untuk Annisa adalah uang senilai Rp872.005 sesuai dengan tanggal akad nikah mereka, 8 Juli 2005. Sehari setelah akad, resepsi pernikahan digelar di Istana Bogor. 

(Instagram/@annisayudhoyono)

Acara dibuka dengan proses pedang pora oleh sejumlah prajurit TNI, mengingat saat itu profesi AHY adalah seorang prajurit TNI Letnan Satu.

Edhie Baskoro Yudhoyono dan Aliya Rajasa

(Instagram/@ruby_26)

Enam tahun berselang, adik kandung AHY yaitu Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) melangsungkan pernikahan dengan putri sulung Menko Perekonomian pada masanya, Hatta Rajasa.

(Instagram/@annisayudhoyono)

Ibas juga mendapat keistimewaan dengan melangsungkan akad nikahnya di Istana Cipanas pada 24 November 2011 karena SBY kembali menjabat sebagai presiden dua periode.

(Instagram/@ruby_26)

Mas kawin pernikahan Ibas dan Aliya berupa koin emas dengan berat 100 gram. Resepsi pernikahan dilaksanakan dua hari setelah akad, yaitu pada 26 November 2011 di Jakarta Convention Center. 

Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda

(Instagram/@selvie_ananda_)

Setelah SBY, Presiden Jokowi menikahkan anaknya Gibran Rakabuming Raka dengan Putri Solo 2009, Selvi Ananda pada 11 Juni 2015 di Graha Saba Buana Solo.

(Instagram/@selvie_ananda_)

Ini merupakan acara pernikahan anak presiden yang paling sederhana di era milenial. 

(Instagram/@selvie_ananda_)

Alih-alih uang atau harta benda, Gibran hanya memberikan seperangkat alat sholat sebagai mahar untuk Selvi. Pun sama halnya dengan saksi nikah yang bukan berasal dari kalangan pejabat tinggi. Jokowi lebih memilih ketua RT setempat yang jadi saksi pernikahan anak pertamanya.

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

(Instagram/@ayanggkahiyang)

Dua tahun berselang, Jokowi kembali melaksanakan acara pernikahan anaknya yang kedua, yaitu Kahiyang Ayu dengan pengusaha asal Medan Bobby Nasution. Pernikahan mereka digelar di Graha Saba Buana Solo pada 8 November 2017. 

(Instagram/@ayanggkahiyang)

Serupa dengan sang kakak, Kahiyang-Bobby juga menikah di Graha Saba Buana, Solo. Kahiyang mengenakan busana adat Solo, lengkap dengan paes hijau dan alis menjangan ranggah.

(Instagram/@ayanggkahiyang)

Untuk saksi nikah Jokowi tidak lagi memilih orang biasa. Presiden Jokowi meminta Wakil Presiden Jusuf Kalla menjadi saksi nikah untuk anak keduanya. Mahar yang diberikan Bobby untuk Kahiyang berupa seperangkat alat sholat dan emas senilai 80 gram.