Polisi Masih Tunggu Kehadiran Rizieq dan Menantu Sampai Malam
Rizieq Shihab dan menantunya Hanif Alatas di Petamburan (Foto: Irfan/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Penyidik Polda Metro Jaya masih menunggu kedatangan Rizieq Shihab dan menantunya Hanif Alatas hingga malam. Keduanya akan dimintai keterangan sebagai saksi dugaan pelanggaran protokol kesehatan di Petamburan beberapa waktu lalu.

"Penyidik masih menunggu kemungkinan datang. Kami tunggu sampai malam ini (kedatangan Rizieq Shihab dan Hanif Alatas)," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di kantornya, Jakarta, Selasa, 1 Desember.

Menurut Yusri, apabila keduanya tidak hadir sampai malam nanti pihaknya sudah menyiapkan langkah lain. Yakni melakukan pemanggilan untuk kedua kalinya.

"Mudah-mudahan kami jadwalkan hari Kamis nanti kita panggilan kedua," ujar Yusri.

Diberitakan sebelumnya, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab kemungkinan besar tak akan memenuhi panggilan pemeriksaan sebagai saksi dalam perkara dugaan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) pada hari ini. Alasannya, Rizieq Shihab masih kelelahan.

"Kami belum bisa memastikan tapi beliau masih butuh istirahat, kecapean," ujar kuasa hukum FPI, Ichwan Tuankotta kepada wartawan, Selasa, 1 Desember.

Rencananya tim pengacara Rizieq Shihab akan datang ke Polda Metro Jaya menemui penyidik. Namun Ichwan tak menjelaskan maksud dari rencana menemui penyidik

"Ya dari tim pengacara akan hadir ketemu dengan pihak kepolisian. Itu aja yang bisa disampaikan," kata dia.

Adapun status perkara dugaan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) acara pernikahan putri Rizieq Shihab sudah ditingkatkan dari penyelidikan ke penyidikan. 

Berdasarkan gelar perkara, polisi menemukan adanya dugaan pelanggaran Undang-Undang nomor 6 tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan. Saat ini penyidik sedang mengumpulkan bukti-bukti yang memperkuat dugaan pelanggaran tersebut.

Pencarian bukti dilakukan penyidik dengan memeriksa sejumlah saksi. Karenanya besok Polda Metro Jaya akan memeriksa Rizieq Shihab, menantunya Irfan Alaydrus dan Bidang Hukum FPI.