Anies Percepat Pertemuan agar Rizeq Bisa Istirahat
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu dengan pimpinan FPI Rizieq Shihab (Foto: Instagram @tengkuzulkarnain.id)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mempercepat pertemuan dengan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Muhamamd Rizieq Shihab yang baru saja pulang ke Tanah Air.

Semula, Anies dikabarkan akan mengunjungi kediaman Rizieq pada hari ini, Rabu, 11 November waktu subuh. Ternyata, pertemuan tersebut berlangsung Selasa, 10 November tadi malam.

Hal ini terungkap dalam unggahan foto pada akun Instagram Wakil Sekretaris Jendral Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tengku Zulkarnain yakni @tengkuzulkarnain.id.

Saat dikonfirmasi, Tengku membenarkan bahwa unggahan foto tersebut merupakan pertemuan tadi malam. Dalam foto itu, Tengku berfoto dengan Anies, Rizieq, dan menantu Rizieq yakni Hanif Alatas.

"Iya (Anies bertemu Rizieq), tadi habis isya sampai jam setengah 9 malam," kata Tengku saat dikonfirmasi, Rabu 11 November.

Tengku menyebut alasan waktu pertemuan dipercepat karena melihat kondisi Rizieq yang masih membutuhkan istirahat usai melakukan perjalanan dari Arab Saudi selama berjam-jam.

Jika pertemuan dilaksanakan usai waktu salat subuh berjemaah, maka akan menimbulkan keramaian. Sehingga, waktu istirahat Rizieq juga berkurang.

"Kalau subuh kan terlalu banyak orang. Kami kan kasian beliau mau istirahat. Tadi (malam) saja cepat, jam setengah sembilan sudah bubar," ungkap Tengku.

Sebelumnya, informasi pertemuan Rizieq awalnya disebutkan oleh Wakil Sekretaris Jenderal Persaudaraan Alumni (PA) 212, Novel Bamukmin. Novel bilang pertemuan berlangsung waktu subuh.

"Ya, benar. Anies yang mau bertemu dengan HRS (Rizieq) di kediamannya. Rencananya besok subuh," kata Novel saat dikonfirmasi, Selasa, 10 November.

Novel membeberkan alasan rencana pertemuan antara Anies dengan Rizieq. Kata dia, Anies bertemu dalam rangka silaturahim dengan ulama yang mendukungnya saat Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI tahun 2017 lalu.

"Sebatas silaturahmi antara umara dengan ulama. Bentuk rasa rindu umara yang ingin bertemu ulama. Karena, figur Anies sudah lekat dengan ulama," ucap Novel.