Ratu Elizabeth II Wafat, PM Inggris Liz Truss: Dia Adalah Semangat Inggris Raya, Pengabdiannya Contoh Bagi Kita Semua
PM Liz Truss di depan Downing Street 10. (Twitter/@trussliz)

Bagikan:

JAKARTA - Perdana Menteri Inggris Liz Truss memberikan penghormatan kepada Ratu Elizabeth II, setelah wafatnya sang raja di Kastil Balmoral, Skotlandia pada usia 96 tahun, Hari Kamis.

Pernyataan PM Truss ini disampaikan di halaman kantor sekaligus kediaman resminya, Downing Street 10. Berikut bunyinya seperti melansir Reuters 9 September:

"Kita semua hancur oleh berita yang baru saja kita dengar dari Balmoral. Kematian Yang Mulia Ratu adalah kejutan besar bagi bangsa dan dunia. Ratu Elizabeth II adalah batu yang menjadi dasar Inggris modern dibangun. Negara kita telah tumbuh dan berkembang di bawah pemerintahannya."

"Inggris adalah negara besar seperti sekarang ini karena dia. Dia naik takhta tepat setelah Perang Dunia Kedua. Dia memperjuangkan perkembangan Persemakmuran, dari sekelompok kecil tujuh negara hingga keluarga 56 negara yang mencakup setiap benua di dunia. Kita sekarang adalah bangsa yang modern, berkembang dan dinamis."

"Melalui tebal dan tipis, Ratu Elizabeth II memberi kami stabilitas dan kekuatan yang kami butuhkan. Dia adalah semangat Inggris Raya - dan semangat itu akan bertahan lama. Dia telah menjadi raja terlama kami yang pernah memerintah."

"Merupakan pencapaian luar biasa untuk memimpin dengan martabat dan rahmat selama 70 tahun. Kehidupan pelayanannya melampaui sebagian besar kenangan hidup kita. Sebagai gantinya, dia dicintai dan dikagumi oleh orang-orang di Inggris dan di seluruh dunia."

"Dia telah menjadi inspirasi pribadi bagi saya dan banyak warga Inggris. Pengabdiannya pada tugas adalah contoh bagi kita semua. Awal pekan ini, pada usia 96, dia tetap bertekad untuk melaksanakan tugasnya saat dia menunjuk saya sebagai perdana menteri ke-15."

"Sepanjang hidupnya dia telah mengunjungi lebih dari 100 negara dan dia telah menyentuh kehidupan jutaan orang di seluruh dunia."

"Di hari-hari yang sulit di masa depan, kami akan berkumpul dengan teman-teman kami di seluruh Inggris, Persemakmuran, dan dunia untuk merayakan masa pengabdiannya yang luar biasa."

"Ini adalah hari kehilangan besar, tetapi Ratu Elizabeth II meninggalkan warisan besar."

"Hari ini Mahkota berpindah, seperti yang telah dilakukan selama lebih dari seribu tahun, kepada raja baru kita, kepala negara kita yang baru: Yang Mulia Raja Charles III."

"Dengan keluarga Raja, kami berduka atas kehilangan ibunya."

"Dan saat kita berduka, kita harus bersatu sebagai orang untuk mendukungnya. Untuk membantunya memikul tanggung jawab luar biasa yang sekarang dia pikul untuk kita semua."

"Kami menawarkan kepadanya kesetiaan dan pengabdian kami sama seperti ibunya mengabdikan begitu banyak untuk begitu banyak begitu lama. Dan dengan berlalunya zaman Elizabeth kedua, kami mengantar era baru dalam sejarah megah negara besar kita, persis seperti Dia Yang Mulia akan berharap, dengan mengucapkan kata-kata Tuhan menyelamatkan Raja."

Diketahui, Ratu Elizabeth II menunjuk Liz Truss sebagai Perdana Menteri Inggris pada Hari Selasa lalu, dengan tugas mengarahkan negara itu melalui resesi yang membayangi dan krisis energi yang mengancam masa depan jutaan rumah tangga dan bisnis sudah menanti.

Truss, perdana menteri Konservatif keempat dalam enam tahun, mendatangi rumah keluarga kerajaan di Skotlandia, untuk diminta oleh Ratu berusia 96 tahun itu membentuk pemerintahan baru.