Liz Truss Terpilih Sebagai PM Inggris, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky: Kami Mengenalnya dengan Baik
Liz Truss saat berkunjung ke Indonesia beberapa waktu lalu. (Sumber: Kementerian Luar Negeri RI)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Kyiv menantikan kerja sama lebih lanjut dengan Perdana Menteri Inggris terpilih Liz Truss, memujinya selalu berada di pihak 'yang tercerahkan' dalam politik Eropa.

"Di Ukraina, kami mengenalnya dengan baik. Dia selalu berada di sisi tercerahkan dari politik Eropa," kata Presiden Zelensky dalam video pidato malamnya setelah memuji pendahulunya, Boris Johnson, melansir Reuters 6 September.

"Saya percaya bahwa bersama-sama kita akan dapat berbuat lebih banyak untuk membela negara kita dan kegagalan semua upaya Rusia yang merusak," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Luar Negeri Liz Truss memenangi kontestasi kepemimpinan Partai Konservatif, sekaligus kursi Perdana Menteri Inggris, setelah mengungguli pesaingnya mantan Menteri Keuangan Rishi Sunak dengan selisih suara signifikan.

Setelah berminggu-minggu kontes kepemimpinan, Truss keluar sebagai pemenang dalam pemungutan suara anggota Partai Konservatif, dengan raihan 81.326 suara berbanding 60.399.

"Saya akan menyampaikan rencana berani untuk memotong pajak dan menumbuhkan ekonomi kita," kata Truss setelah hasilnya diumumkan.

"Saya akan mengatasi krisis energi, menangani tagihan energi masyarakat, tetapi juga menangani masalah jangka panjang yang kita miliki tentang pasokan energi," jelasnya.

Hari ini, bersama dengan Boris Johnson, Truss akan menemui Ratu Elizabeth II di Skotlandia. Johnson akan mengajukan pengunduran diri secara resmi, dengan Truss selanjutnya diminta membentuk pemerintahan baru.