Bagikan:

JAKARTA - Rishi Sunak resmi menjabat sebagai Perdana Menteri ke-57 Inggris, menggantikan Liz Truss usai menemui Raja Charles III Hari Selasa.

Raja Charles III mengangkat Sunak di Istana Buckingham, London, momen penyerahan kekuasaan pertama kali sejak naik menggantikan sang ibunda Ratu Elizabeth II yang wafat September lalu.

Sunak (42), diundang untuk membentuk pemerintahan setelah memenangkan kepemimpinan Partai Konservatif pada Hari Senin, melansir The National News 25 Oktober.

Sementara itu, koresponden BBC untuk Kerajaan Inggris Sean Coughlan melaporkan, audiensi antara Raja Charles III dan perdana menteri baru, Rishi Sunak, menandai penyerahan kekuasaan secara simbolis, seperti mengutip BBC.

Diberitakan sebelumnya, lahir di Inggris 12 Mei 1980 dari keluarga keturunan India, Sunak akan menjadi perdana menteri Hindu pertama di Inggris dan termuda selama lebih dari 200 tahun.

Keluarganya bermigrasi ke Inggris pada 1960-an, masa ketika banyak orang dari bekas jajahan Inggris tiba untuk membantu membangun kembali negara itu setelah Perang Dunia Kedua.

Setelah lulus dari Universitas Oxford, ia kemudian melanjutkan ke Universitas Stanford, di mana ia bertemu dengan istrinya Akshata Murthy, yang ayahnya adalah miliarder India N. R. Narayana Murthy, pendiri perusahaan raksasa Infosys Ltd.

Sunak pertama kali menjadi perhatian nasional ketika, pada usia 39, ia menjadi menteri keuangan di bawah PM Boris Johnson tepat ketika pandemi COVID-19 tiba di Inggris, mengembangkan skema cuti untuk mendukung jutaan orang melalui berbagai penguncian.