Kembali Bekerja Usai Didiagnosis Kanker, Raja Inggris Charles III Terima PM Rishi Sunak
Raja Inggris Charles III menerima PM Rishi Sunak. (Twitter/@RoyalFamily)

Bagikan:

JAKARTA - Raja Inggris Charles III terlihat kembali bekerja untuk pertama kalinya sejak didiagnosis kanker, dengan menerima Perdana Menteri Rishi Sunak.

Raja menyambut kedatangan PM Sunak di Istana Buckingham, London pada Rabu sore dan menjabat tangannya dengan hangat. Pertemuan mereka menandai dimulainya kembali pertemuan mingguan mereka untuk membahas masalah-masalah pemerintah.

Meskipun Raja telah berhenti melakukan kegiatan publik saat menjalani pengobatan kanker, namun Dia tetap melanjutkan tugasnya sebagai kepala negara.

Gambar dari kantor berita Inggris PA Media menunjukkan Raja Charles III mengenakan jas dan dasi, menyapa Sunak dengan senyum lebar dan keduanya berbincang.

"Kami semua mendukungmu. Negara ini mendukung Anda semua," kata PM Sunak, menurut PA Media, dikutip dari CNN 22 Februari.

Raja Charles III menjawab, "Saya menerima begitu banyak pesan dan kartu yang indah. Hal ini membuat saya sering menangis."

Mereka melanjutkan untuk membahas bagaimana penyakit Raja telah menyoroti badan amal kanker, dengan Raja menggambarkan organisasi tersebut sebagai “luar biasa.”

Sebelum pertemuannya dengan perdana menteri, Raja Charles III mengadakan pertemuan Dewan Penasihat secara langsung di kediaman kerajaan, yang dihadiri oleh para menteri termasuk Presiden Dewan Penny Mordaunt.

Diketahui, Istana Buckingham mengumumkan Raja Charles (75) telah didiagnosis menderita kanker pada tanggal 6 Februari, mengatakan Dia akan mundur dari tugas publik sementara menjalani perawatan.

Penyakit itu teridentifikasi setelah dia dirawat di rumah sakit London untuk menjalani prosedur perbaikan pembesaran prostat bulan lalu, kata pihak istana.

Raja Charles III diharapkan untuk terus mendapatkan kotak merah hariannya dengan surat-surat pemerintah, sehingga dia dapat terus mengerjakan dokumen-dokumen negara di dalam negeri.

Pangeran William, putra Raja Charles II dan pewaris takhta, serta Ratu Camilla diperkirakan akan lebih banyak terlibat di depan umum untuk menggantikan ketidakhadiran Charles.

Sebelumnya, Raja juga melakukan kunjungan publik pertama setelah didiagnosis kanker, dengan menghadiri kebaktian gereja bersama Ratu Camilla di Gereja St Mary Magdalene di Sandringham, Inggris timur pada 11 Februari.

Dia sebelumnya telah menyatakan terima kasih kepada masyarakat atas dukungan mereka, dengan mengatakan bahwa hal itu memberinya "penghiburan dan dorongan terbesar."