Rekor! Laku Terjual 12,6 Juta Dolar AS, Kartu Bisbol Ini Kalahkan Jersey Maradona saat Cetak Gol 'Tangan Tuhan'
Mickey Mantle. (Twitter/@Rockies)

Bagikan:

JAKARTA - Periksa lagi barang-barang koleksi pribadi Anda, misalnya koleksi olahraga seperti jersey atau memorabilia dengan tanda tangan atlet, siap tahu ada yang berpotensi memiliki harga selangit.

Seperti yang satu ini, sebuah kartu bisbol Mickey Mantle dari tahun 1952 dijual seharga 12.600.000 dolar AS atau sekitar Rp187.642.980.000 pekan lalu, melansir CNN dari Heritage Auctions 29 Agustus.

Penjualan tersebut menjadikan kartu tersebut sebagai koleksi olahraga paling berharga di dunia, menurut rumah lelang.

Harganya hampir dua kali lipat rekor sebelumnya untuk satu set kartu bisbol, ketika kartu Honus Wagner yang langka dijual seharga 6,6 juta dolar AS tahun lalu.

Dan itu juga mengalahkan rekor untuk barang memorabilia olahraga apa pun, melampaui penjualan jersey 'Hand of God' Diego Maradona yang terkenal seharga 9,3 juta dolar AS.

Kartu Mickey Mantle sangat berharga karena terpelihara dengan baik. Kartu tersebut dinilai "Mint+ 9.5" oleh Sportscard Guaranty Corporation, menurut Heritage Auctions.

kartu bisbol mickey mantle
Mickey Mantle. (Twitter/@Rockies)

Mantle menghabiskan 17 tahun bermain untuk New York Yankees, kemudian masuk ke dalam Baseball Hall of Fame pada tahun 1974. Kartu yang memecahkan rekor ini berasal dari musim rookie-nya dan diproduksi oleh raksasa kartu perdagangan Topps.

Untuk rumah lelang, penjualan tersebut mewakili daya tarik koleksi olahraga yang terus meningkat.

"Hasil lelang delapan digit di pasar olahraga adalah fantasi hanya satu dekade lalu," kata Chris Ivy, direktur lelang olahraga Heritage.

"Kami selalu tahu kartu ini akan memecahkan rekor dan harapan. Tapi itu tidak mengurangi sensasi menjadi bagian dari lelang, di mana satu item memecahkan ambang batas delapan digit untuk pertama kalinya."

Ini pencapaian yang luar biasa. untuk tim ahli olahraga kami yang luar biasa di Heritage Auctions. Dan, tentu saja, kami tidak dapat melakukannya tanpa Anthony Giordano, yang menaruh kepercayaannya pada Heritage untuk membawa kartu yang luar biasa ini ke pasar," tandasnya.

Anthony Giordano membeli kartu Mantle dengan harga yang memecahkan rekor pada tahun 1991 seharga 50.000 dolar AS. Dia menyimpannya selama tiga dekade sebelum membawanya ke Heritage Auctions.

"Ini memiliki kualitas terbaik yang dapat dimiliki Topps 1952: pemusatan sempurna, registrasi, dan empat sudut tajam," terang Ivy.

"Bahwa kartu rookie Mantle ini tetap dalam kondisi ini selama 70 tahun adalah keajaiban sejati," pungkasnya.