Bagikan:

JAKARTA - Pernah bermimpi untuk pindah ke pulau yang hangat dan mendapatkan uang? Coba datang ke Sardinia yang menawarkan orang 15.000 euro atau sekitar Rp223.282.585 untuk pindah.

Pulau Italia yang terbesar kedua di Mediterania tersebut, menawarkan pantai berpasir, langit biru dan perairan pirus.

Tetapi, pulau tersebut menghadapi jumlah populasi pedesaan yang semakin berkurang, karena penduduk muda setempat pindah ke luar negeri untuk bekerja.

Untuk memerangi eksodus ini, pemerintah telah menyisihkan 45 juta euro untuk hibah relokasi, cukup untuk menutupi 3.000 hibah.

Jadi, jika Anda sudah mengemasi koper Anda, inilah semua yang perlu Anda ketahui.

Bagaimana aturannya? Uang hibah terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, dan ada beberapa peringatan.

Agar memenuhi syarat untuk hibah, Anda harus pindah ke Sardinia dengan populasi kurang dari 3.000 orang.

Uang itu juga harus digunakan untuk membeli atau merenovasi rumah. Hibah tidak boleh melebihi setengah dari total biaya rumah atau renovasi. Pemerintah tidak akan selalu menyerahkan seluruh jumlah 15.000 euro.

sardinia italia
Ilustrasi pantai di Sardinia, Italia. (Wikimedia Commons/emmequadro61)

Terakhir, penerima harus tinggal di properti baru secara penuh, dan harus mendaftar untuk tempat tinggal permanen di Sardinia dalam waktu 18 bulan setelah kedatangan.

Mengapa Sardinia menawarkan uang kepada orang-orang untuk pindah ke sana? Populasi Italia menua. Usia rata-rata orang Italia adalah 45,7 tahun, angka yang akan meningkat menjadi 50,7 pada tahun 2050.

Populasi keseluruhan diproyeksikan menurun hampir 20 persen pada tahun 2070, dari 59,55 juta 47,6 juta pada tahun 2070. Masalahnya sangat parah di daerah pedesaan negara itu, dan tempat-tempat seperti Sardinia merasakan dampaknya.

Presiden wilayah Sardinia Christian Solinas mengatakan, skema itu akan mendorong kaum muda untuk tinggal di Sardinia atau pindah ke pulau itu.

"Berkat kontribusi untuk rumah pertama (pembeli rumah) ini, (Sardinia) menjadi lahan subur bagi mereka yang akan pindah ke sana atau memutuskan untuk membangun keluarga," terangnya seperti melansir Euronews 26 Agustus.

"Tidak akan ada pertumbuhan tanpa peningkatan nyata dari wilayah, pedalaman dan daerah yang paling tertinggal. Kami telah menciptakan kondisi bagi kaum muda untuk memutuskan, untuk tinggal dan mengembangkan struktur ekonomi wilayah yang paling rapuh," papar Solinas.

Jika Anda pindah ke pulau itu, Anda bisa berharap berada di sana untuk waktu yang lama dan berumur panjang. Dengan lebih dari 500 orang berusia di atas 100 tahun, Sardinia memiliki salah satu konsentrasi centenarian tertinggi di dunia, kira-kira 33 untuk setiap 100.000 penduduk.