Bola 'Tangan Tuhan' Diego Maradona akan Dilelang, Bisa Terjual di Angka Rp55 Miliar
Diego Maradona mencetak gol 'Tangan Tuhan di Piala Dunia 1986 ke gawang Peter Shilton (Foto: FIFA)

Bagikan:

JAKARTA — Bola yang digunakan saat Diego Maradona mencetak gol 'Tangan Tuhan' yang terkenal melawan Inggris di Piala Dunia 1986 dilelang di Inggris dengan nilai bisa mencapai 3,7 juta Euro (Rp55 miliar).

Bola tersebut dimiliki oleh mantan wasit asal Tunisia Ali Bin Nasser. Ali adalah wasit yang memimpin pertandingan perempat final Argentina melawan Inggris yang terkenal itu.

"Bola ini adalah bagian dari sejarah sepak bola internasional. Rasanya seperti waktu yang tepat untuk berbagi dengan dunia," kata Bin Nasser, dilansir dari DW.

"Saya berharap pembeli berada dalam posisi untuk memajangnya atau membaginya dengan publik dengan cara lain," ia menambahkan.

Bola itu nanti akan dilelang di Graham Budd Auctions. Lembaga lelang itu memperkirakan bola Adidas Azteca berusia 36 tahun itu akan terjual antara 2,7 juta dolar (2,76 juta Euro) dan 3,3 juta dolar (3,38 juta Euro) ketika mulai dilelang di Inggris pada 16 November.

Gol 'Tangan Tuhan' yang dicetak Maradona adalah salah satu momen yang paling terkenal dari Piala Dunia 1986 saat Argentina sukses melaju ke final dan berhasil keluar sebagai juara.

Di pertandingan perempat final paling ikonik itu, Maradona sukses mencetak dua gol untuk membantu Argentina menang tipis 2-1. Tim Tango kemudian mengalahkan Belgia di semifinal dan Jerman Barat di final.

Istilah gol 'Tangan Tuhan' diawali oleh candaan Maradona usai pertandingan. Ia mengatakan bahwa gol itu dicetak "sedikit menggunakan kepala Maradona dan sedikit menggunakan tangan Tuhan".

Selain mencetak gol 'Tangan Tuhan', Maradona juga menjaring gol kedua yang tidak kalah ikonik. Gol keduanya bahkan terpilih sebagai "gol abad ini" oleh FIFA dalam jajak pendapat 2002.

Gol kedua itu dicetak Maradona setelah menggiring bola dari tengah lapangan dan melewati hampir seluruh pemain Inggris sebelum menggocek kiper Peter Shilton.

Pertandingan inilah yang melambungkan Maradona sebagai salah satu pemain terhebat dalam Piala Dunia edisi tersebut. Maradona sudah meninggal pada tahun 2020 di usia 60 tahun.