Jalani Pengujian di Perang Ukraina, Helikopter Serang Kamov Ka-52M Rusia Tuai Pujian
Ilustrasi helikopter Kamov Ka-52. (Wikimedia Commons/Alex Beltyukov)

Bagikan:

JAKARTA - Pasukan Rusia berhasil menguji helikopter pengintai/serang Kamov Ka-52M yang ditingkatkan, dalam operasi militer khusus mereka di Ukraina, kata sumber di industri pertahanan domestik Hari Jumat.

"Saat ini, Ka-52M sedang menjalani uji coba negara dan militer telah membuat keputusan untuk menguji tempur yang ditingkatkan dalam operasi khusus," jelas sumber itu kepada TASS, seperti dikutip 2 September.

"Helikopter telah membuktikan nilainya dalam operasi. Menyusul hasil penggunaannya, pejabat pertahanan memberikan rekomendasi mereka kepada industri untuk menyelesaikan dan menyempurnakan beberapa sistem," kata sumber itu.

TASS belum memiliki konfirmasi resmi tentang klaim informasi ini.

Kamov Ka-52M adalah versi upgrade dari helikopter serang Ka-52 Alligator. Seperti yang dikatakan oleh pihak perancang, persenjataan rudal Ka-52M telah distandarisasi dengan rangkaian senjata helikopter Mi-28NM, gunship canggih Rusia lainnya, yang telah membantu meningkatkan jangkauan serangannya secara signifikan.

Ka-52M juga dilengkapi dengan stasiun radar array bertahap baru dan rudal jarak jauh. Prototipe tempur yang ditingkatkan ini melakukan penerbangan debutnya pada 10 Agustus 2020.

Desain KA-52M menampilkan solusi teknis terbaik, sistem akuisisi dan identifikasi target optoelektronik jarak jauh yang distabilkan gyro, drive digital baru untuk meningkatkan akurasi bidikan senjata, roda sasis baru dengan peralatan pemecah cakram dan ban pesawat yang lebih tahan aus. Mesin VK-2500 dipasang pada rotorcraft yang ditingkatkan.