Rusia Tingkatkan Kemampuan Rudal anti-Tank Khrizantema: Jadi Senjata Siluman, Tembakkan Rudal Hipersonik
Ilustrasi rudal anti-tank Khrizantema di kendaraan lapis baja. (Wikimedia Commons/Vitaly V. Kuzmin)

Bagikan:

JAKARTA - Peningkatan rudal anti-tank jarak jauh paling kuat di dunia, Khrizantema, akan meningkatkan kemampuannya untuk menembus pelat lapis baja dan rangkaian pertahanan aktif yang dipasang pada lapis baja berat, sebut pakar militer dari majalah Independent Military Review Dmitry Litovkin.

"Peningkatan hulu ledak rudal akan memungkinkan untuk menyerang target yang dilindungi oleh kisi-kisi layar," uajr pakar militer itu kepada TASS seperti dikutip 3 Desember.

Selain itu, lanjutnya, kemungkinan peningkatan lebih lanjut dalam kecepatan tinggi rudal supersonik akan memungkinkannya menembus rangkaian perlindungan aktif seperti sistem Arena dengan lebih efektif.

"Yang paling penting adalah, senjata itu menembakkan rudal supersonik, yang biasanya tidak ditemukan oleh sistem pertahanan udara jarak pendek," ungkapnya, mencatat kemampuan rudal Khrizantema untuk melawan pertahanan udara medan perang, jika dipasang di helikopter.

"Di area dekat, potensi serangan tempur Mi-28NM adalah faktor yang lebih tinggi karena mampu memusnahkan pertahanan udara musuh tanpa memasuki area pertempuran," paparnya.

Juga sulit bagi sistem peperangan elektronik untuk melawan rudal Khrizantema, karena senjata tersebut tidak dapat dicegat atau macet, lanjutnya.

"Kontrol dan sistem sasaran rudal adalah pengetahuan Rusia," tandas Litovkin.

rudal anti tank khrizantema
Ilustrasi rudal anti-tank Khrizantema. (Wikimedia Commons/Mike1979 Russia)

Terpisah, integrasi rudal anti-tank pasukan darat paling kuat Khrizantema ke dalam suite persenjataan helikopter serang Mi-28NM dan Ka-52M domestik, akan memperluas daftar target yang terlibat, sebut ahli militer Igor Korotchenko.

"Jika dipasang di helikopter, rudal akan memperluas daftar target yang terlibat dan meningkatkan kemampuan tempur platform serangan canggih, seperti Mi-28 dan Ka-52, dalam hal apa pun, ini adalah area pengembangan yang menjanjikan," terangnya.

Sementara, proses pemasangan sistem ini pada kapal induk akan lebih disempurnakan dan ditingkatkan.

"Jelas bahwa jika Biro Desain Pembuatan Mesin (bagian dari Perusahaan Senjata Presisi Tinggi dalam perusahaan teknologi negara Rostec) terlibat dalam peningkatan sistem khususnya, mereka berharap bahwa upaya ini akan dibiayai atau telah dibiayai," tukas Korotchenko.

Sebelumnya, Kepala Perancang Biro Desain Pembuatan Mesin Valery Kashin mengatakan saat pameran pertahanan internasional EDEX 2021 di Kairo pada 2 Desember, perusahaan sedang meningkatkan Khrizantema.

Untuk diketahui, saat ini Khrizantema menjadi bagian dari sistem rudal anti-tank self-propelled Khrizantema-S dan sedang diadaptasi untuk helikopter tempur terbaru, khususnya, Mi-28NM dan kapal perang Ka-52M.

Rudal tersebut dapat berakselerasi hingga 650 m/s, lebih dari dua kali kecepatan suara. Selain itu, rudal ini mampu menyerang target pada jarak 400 meter hingga 6 km. Sistem road-mobile memiliki tingkat tembakan hingga empat rudal per menit dan muatan amunisi 15 rudal.