Menhan Shoigu Klaim Rusia Sukses Cegat 226 Roket HIMARS dan Tewaskan 3.000 Tentara Bayaran Asing Dalam Perang di Ukraina
Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu. (Wikimedia Commons/Mil.ru/Ministry of Defence)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu menyebut militernya sukses mencegat dan menembak jatuh, ratusan persenjataan, kendaraan hingga pos komando milik Ukraina.

Dalam panggilan konferensi kementerian Hari Jumat, persenjataan kubu Ukraina yang berhasil dilumpuhkan meliputi, roket, drone, pesawat, helikopter hingga persenjataan berat dan artileri.

"Selama sebulan terakhir, 174 pos komando tingkat brigade dan batalyon diserang, serta 601 persenjataan berat dan sistem artileri, sebagian besar buatan Barat dihancurkan," ujar Menteri Shoigu, melansir TASS 2 September.

"Sebanyak 19 pesawat, 6 helikopter dan 188 kendaraan udara tak berawak ditembak jatuh dan 226 HIMARS roket dicegat," sambung Menteri Shoigu.

Lebih jauh diterangkan olehnya, jumlah tentara bayaran asing yang masuk ke Ukraina menurun, di tengah kerugian besar militer negara itu.

Dikatakan Menhan Shoigu, jumlah mereka telah berkurang lebih dari tiga setengah kali sejak dimulainya operasi militer khusus di Ukraina.

Selain itu, selama periode ini, pasukan Rusia telah melenyapkan sekitar 3.000 militan asing yang berjuang untuk rezim Kyiv, kata Shoigu.

"Kami akan terus membebaskan Donbass dan menciptakan kondisi yang menjamin keamanan Federasi Rusia," tegas kepala pertahanan Rusia itu.