Bagikan:

JAKARTA - Komnas HAM menyatakan keterangan dari istri Ferdy Sambo, Putri Chandrawathi (PC), terkait kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat atau Brigadir J sudah lengkap.

Selanjutnya, Komnas HAM akan memberikan laporan tersebut ke Kapolri, Presiden Joko Widodo dan DPR RI.  

"Sudah, sudah selesai, kita sedang menyiapkan laporan untuk diserahkan kepada Kapolri dan timsus kami sudah minta jadwal ini. Mungkin Senin baru bisa, kemudian sekarang ini juga sedang siapkan laporan lengkap untuk diserahkan ke presiden dan DPR RI," ujar Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 25 Agustus.

Namun, kata Taufan, saat ini keterangan PC akan dicocokan dengan data-data lainnya terlebih dahulu sebelum diberkaskan. 

Taufan menuturkan, Komnas Perempuan berencana akan memperdalam lagi keterangan PC untuk mengetahui lebih persis dengan keterangan lainnya. Tentu, kata dia, Komnas Perempuan juga melakukan pemantauan terhadap situasi dan kondisi PC yang saat ini mulai membaik. 

"Keterangan dari ibu PC, kita akan bandingkan dengan keterangan dan data-data lain," kata Taufan. 

Taufan menegaskan, laporan yang telah lengkap setelah pencocokan itu akan diberikan ke Presiden dan DPR setelah bertemu dengan Kapolri. 

"Presiden dan DPR itu laporan lengkap, laporan yang lebih teknis termasuk rekomendasi apa yang harus dilakukan oleh penyidik timsus dan macam-macam itu, itu akan diberikan segera. Kita sedang minta waktu pada pak Kapolri kalau bisa, misalnya hari Senin ya Senin, tergantung pada keluangan waktunya kan gitu," kata Taufan.