Komnas HAM Rencana Serahkan Hasil Penyelidikan Kasus Kematian Brigadir J ke Polri Minggu Depan
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik/ ANTARA/Muhammad Zulfikar

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, menyatakan pihaknya akan segera menyerahkan hasil penyelidikan kasus kematian Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat atau Brigadir J kepada Tim Khusus Polri. 

Sementara ini, menurut Taufan, Komnas HAM masih mencari waktu yang tepat untuk bertemu para pimpinan Polri. Sehingga kata dia, penyerahan hasil penyelidikan akan diupayakan pada pekan depan. 

"Masih sibuk semua kedua belah pihak. Jadi sedang diatur waktu yang lowong, kapan semua pimpinan Komnas HAM mau pun pimpinan Polri bisa bertemu. Diusahakan minggu depan," ujar Taufan kepada wartawan, Jumat, 26 Agustus. 

Taufan mengatakan, hingga saat ini baik dari Tim Penyidik Mabes Polri dan Komnas HAM masih menyelesaikan segala urusan yang bersangkutan dengan kasus Brigadir J. 

Penyidik, kata dia, juga masih menggali keterangan para saksi yang turut serta membantu Ferdy Sambo dalam merancang skenario dan melakukan rekayasa kejadian kematian Brigadir J.

"Tergantung kesiapan waktu. Kedua pihak sedang sibuk, Polri juga sibuk memeriksa para tersangka utama," kata Taufan.

Sebelumnya, Taufan menuturkan Komnas HAM akan memberikan laporan terkait kasus kematian Brigadir J ke Kapolri, Presiden Joko Widodo dan DPR RI.

"Sudah, sudah selesai, kita sedang menyiapkan laporan untuk diserahkan kepada Kapolri dan timsus kami sudah minta jadwal ini. Mungkin Senin baru bisa, kemudian sekarang ini juga sedang siapkan laporan lengkap untuk diserahkan ke presiden dan DPR RI," ujar Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 25 Agustus.