Paket Ekpedisi Berisi 1,7 Kg Ganja Kering Tiba di Rumah, Suami Istri Langsung Diciduk Polda NTB
Rilis kasus paket kiriman ganja kering asal Lampung di Mataram, NTB, Jumat 5 Agustus. (ANTARA/Dhimas B.P)

Bagikan:

LAMPUNG - Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) menangkap pasangan suami istri karena menguasai sebanyak 1,7 kilogram diduga narkoba jenis ganja dalam paket kiriman dari Lampung.

Kepala Bidang Humas Polda NTB Komisaris Besar Polisi Artanto mengatakan, anggotanya menangkap kedua pelaku berinisial PR (29) dan ML (26) usai menerima paket kiriman tersebut di rumahnya di wilayah Sikur, Kabupaten Lombok Timur.

"Begitu paket kiriman ini tiba di rumahnya, tim langsung melakukan penangkapan," kata Artanto di Mataram, NTB, dikutip dari Antara, Jumat 5 Agustus.

Dia menjelaskan, paket berisi ganja kering tersebut datang dari wilayah Lampung melalui salah satu jasa ekspedisi di Kabupaten Lombok Timur. Namun demikian, alamat pengirim dari paket terbungkus kardus berlakban cokelat tersebut terungkap palsu.

"Jadi, dalam paket hanya mencantumkan alamat lengkap dari penerima saja. Alamat pengirim, sudah dicek, palsu," ujarnya.

Dari pemeriksaan pasangan suami istri tersebut, terungkap paket berisi ganja itu dikirim oleh orang yang mereka kenal.

"Memang asal-nya dari Lampung. Ini barang diakui mereka kiriman keempat. Sebelum-sebelumnya sudah pernah diterima dan diedarkan, rata-rata sekali kirim dua kilogram," ucap dia.

Lebih lanjut, dari hasil penggeledahan rumah, polisi menemukan bukti yang menguatkan peran kedua pelaku sebagai pengedar di Lombok, di antaranya bundelan klip plastik bening untuk pembungkus paket siap edar, dan timbangan elektrik.

Kepada polisi, RP sebagai suami mengaku tidak pernah memesan kepada pemasok asal Lampung. Melainkan hanya menerima paket kiriman langsung dari pemasok.

"Jadi, dari satu kilogram, dia setorkan Rp10 juta. Keuntungan dari satu kilogram, mereka dapat Rp5-Rp7 juta," ujarnya.

Terkait dengan keterangan tersebut, Artanto meyakinkan penyidik kini sedang menelusuri identitas pemasok asal Lampung, baik melalui jejak digital dari telepon genggam kedua pelaku, dan bukti transfer melalui buku rekening perbankan.

Dari kasus ini, pasangan suami istri tersebut kini telah ditetapkan sebagai tersangka.

Akibat perbuatannya, kedua pelaku yang diduga bekerja sama dalam menjalankan bisnis peredaran ganja ini disangkakan Pasal 111 Ayat 2 dan atau Pasal 114 Ayat 2 Undang-Undang RI Nomor 35/2009 tentang Narkotika.