Wagub DKI Minta Penjemput Rizieq Shihab di Bandara Tak Perlu Banyak-banyak
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (DOK.VOI/Diah Ayu W)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta agar penjemputan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab di Bandara Soekarno Hatta tak diikuti banyak orang.

Hal ini disampaikan Riza Patria menanggapi prediksi petinggi FPI akan ada jutaan pengikut yang turut menyambut tibanya Rizieq di Tanah Air pada Selasa, 10 November esok hari.

"Kalau dijemput ke bandara enggak perlu banyak-banyak. Nanti kalau banyak yang jemput, apalagi jumlahnya sampai jutaan, tentu ini nanti menimbulkan kerumunan," kata Riza kepada wartawan, Senin, 9 November.

Ketua DPD Partai Gerindra DKI ini memahami penjemputan Rizieq di Bandara Soekarno-Hatta memiliki maksud yang baik. Namun, potensi kerumunan di masa pandemi bukanlah cara yang baik karena memiliki risko penularan COVID-19.

"Cara yang baik itu, yang menjemput diwakilkan saja dengan tokoh-tokoh yang mewakili masyarakat. Tentu harus diperhatikan jangan sampai terjadi kerumunan-kerumunan yang tidak perlu," tutur Riza.

"Kalau nanti semua berbondong-bondong datang ke bandara, nanti bandaranya macet dan terjadi kerumunan yah. Kehadiran Habib Rizieq kan diharapkan memberi kesejukan bagi warga. Bagi pengikut, pendukung-pendukung dan sebagainya," lanjut dia.

Sebagai informasi, pesawat yang ditumpangi Rizieq akan lepas landas (take off) dari Arab Saudi sekitar pukul 24.00 waktu setempat. Rizieq dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 09.00 WIB.

Rencananya Rizieq memiliki empat agenda besar yang akan dijalani dalam waktu dekat. Setelah beristirahat di kediamannya selama tiga hari, Rizieq akan menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad di kediaman Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf di kawasan Tebet pada Jumat, 13 November.

Selanjutnya, Rizieq langsung menuju Pondok Pesantren Agrokultural Markaz Syariah di Mega Mendung, Bogor, Jawa Barat untuk menghadiri acara peletakan batu pertama pembangunan pondok.

Kemudian, pada Sabtu, 14 November, berencana menggelar acara Maulid Nabi Muhammad di Markas FPI, Petamburan, Jakarta Pusat. Di saat yang bersamaan, Rizieq juga akan menikahkan putrinya, yakni Syarifah Najwa Shihab.