Dikritik AS dan Eropa, Presiden Brasil Bolosonaro Sebut Sanksi Barat Terhadap Rusia Tidak Berhasil
Presiden Brasil Jair Bolsonaro. (Wikimedia Commons/Marcos Brandão/Senado Federal)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengatakan, sanksi ekonomi yang dijatuhkan negara-negara Barat terhadap Rusia tidak berhasil, menggemakan kembali komentar Presiden Vladimir Putin.

Komentar ini kemungkinan akan berdampak buruk dengan Amerika Serikat dan banyak negara Eropa, yang sebelumnya mengkritik keterlibatan Brasil dengan Rusia. Presiden Bolsonaro sendiri sempat bertemu dengan Presiden Putin, beberapa hari sebelum invasi Februari lalu.

"Hambatan ekonomi yang diberlakukan Amerika Serikat dan Eropa terhadap Rusia tidak berhasil," kata Presiden Bolsonaro kepada para pendukungnya, seraya menambahkan bahwa posisinya terhadap Putin dan perang "adalah salah satu keseimbangan," melansir Reuters 8 Juli.

Lebih jauh Presiden Bolsonaro mengatakan, sikap itu telah memungkinkannya untuk memperoleh pupuk, input utama untuk sektor pertanian Brasil yang luas, dari Rusia. Dia juga mengatakan, Rusia berbagi keprihatinan dengan Brasil atas "kedaulatan" Amazon.

Presiden Bolsonaro sering menggambarkan kritik oleh negara-negara lain atas pengelolaan hutan hujan sebagai pelanggaran terhadap kedaulatan Brasil.

Sebelumnya pada Hari Kamis, Presiden Putin mengatakan jelas bahwa sanksi Barat menciptakan kesulitan, "tetapi sama sekali tidak seperti yang diharapkan oleh para penggagas serangan ekonomi terhadap Rusia."

Pada Bulan Juni, Bolsonaro dan Putin membahas ketahanan pangan global melalui panggilan telepon, dan mengkonfirmasi niat mereka untuk memperkuat kemitraan strategis mereka.