Gerindra-PKB Siap Kerja Sama di Pemilu 2024, tapi Belum Nyatakan Koalisi
Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar melakukan pertemuan di Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. (Foto: Nailin In Saroh/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar melakukan pertemuan di Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu 18 Juni malam.

Prabowo mengatakan, pertemuan malam ini merupakan lanjutan dari komunikasi intensif yang sudah dilakukan jajaran partai sejak beberapa bulan lalu.

"Saya menerima kunjungan dari Ketua Umum PKB beserta jajaran pimpinan, Cak Imin, walaupun memang sahabat lama dan kita sebenarnya sudah melakukan diskusi intensif selama beberapa bulan ini," ujar Prabowo saat konferensi pers usai pertemuan.

Prabowo mengatakan, Gerindra siapa bekerja sama dengan PKB baik dalam pemilihan legislatif, pemilihan kepala daerah, maupun pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Ini suatu tugas kenegaraan yang sangat serius, sangat penting, dan kami sebagai ketua umum partai yang punya konstituen dan pengikut yang cukup besar, tentunya kami sadar akan tanggung jawab tersebut. Kami berminat untuk melaksanakan tanggung jawab tersebut dengan sebaik-baiknya," kata Menteri Pertahanan itu.

Prabowo mengungkapkan, selama ini komunikasi antara Gerindra dan PKB berjalan dengan intensif. Tak hanya PKB namun juga dengan partai-partai lain.

"Tapi ahamdulillah kita sudah mencapai titik pertemuan, titik kerja sama, titik kesepakatan, di mana kita secara garis besar menyatakan keinginan kita masing-masing untuk bersama-sama, bekerja sama dengan erat menghadapi tanggung jawab kenegaraan tersebut, yaitu Pilpres, Pileg, dan Pilkada tahun 2024," ungkap Prabowo.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengucapkan terima kasih atas jamuan makan malam yang hangat di kediaman Prabowo.

Cak Imin menuturkan, pertemuan malam ini merupakan kelanjutan dari silaturahmi dan pertemuan-pertemuan yang secara intensif dilakukan jajaran pengurus DPP PKB maupun DPP Gerindra.

"Alhamdulillah malam ini semakin menguat kerja sama itu, sampai pada kesimpulan yang disampaikan Pak Prabowo bahwa PKB dan Gerindra siap bekerja sama secara utuh menyeluruh menjelang dan menyiapkan pilpres, pileg dan pilkada di 2024," kata Cak Imin.

Cak Imin berharap, kerja sama tersebut bisa berlanjut ke partai-partai politik lainnya.

"Moga-moga kerja sama kita ini bisa terus dilanjutkan bersama partai-partai lain, untuk menuju suksesnya pilpres, suksesnya pilkada, dan susksesnya pileg di 2024," harapnya.

Kendati demikian, baik Cak Imin maupun Prabowo tidak menyatakan secara gamblang apakah Gerindra dan PKB telah resmi membangun koalisi untuk Pilpres 2024.

Cak Imin hanya mengatakan PKB dan Gerindra sepakat bekerja sama demi kebangkitan Indonesia raya.

"Kita PKB dan Gerindra, visi dan tujuan perjuangan yang sama untuk NKRI yang lebih maju, adil, dan sejahtera," demikian Cak Imin.