'Belum Pasti-pasti Amat, Masih Dinamis', Respons PKS Melihat Gerindra-PKB yang Sepakat Kerja Bareng untuk Pemilu 2024
Foto via Twitter @cakimiNOW

Bagikan:

JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menanggapi santai pertemuan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Kertanegara Sabtu, 18 Juni, malam.

Ketua DPP PKS Bidang Humas Ahmad Mabruri mengatakan, kerja sama Gerindra dan PKB belum pasti berujung pada koalisi. Dia yakin peta politik Pilpres 2024 masih sangat dinamis.

"PKB dan Gerindra juga belum pasti-pasti amat, semua masih dinamis," ujar Mabruri, Senin, 20 Juni.

Diketahui, sebelum PKB dan PKS juga sepakat menjajaki koalisi untuk Pilpres 2024. Bahkan keduanya sudah menamakan koalisinya sebagai Koalisi Semut Merah. Hanya saja, koalisi ini belum secara resmi dideklarasi karena baru sama-sama menjajaki.

"Di politik itu belum ada yang pasti. Semua akan berubah sesuai keadaan," sambung Mabruri.

Mabruri mengatakan, pihaknya masih akan terus menjalin komunikasi intensif dengan partai politik lainnya. Kata dia, sejauh ini hubungan antara PKS dan PKB tetap baik meskipun dinilai bagi air dan minyak.

"PKS akan terus berkomunikasi intens dengan parpol lain. Dengan Demokrat dan NasDem juga mungkin. Semua partai masih menjajaki perjodohan yang pas. Selama janur kuning belum dipasang di halaman pasangan masih bisa berubah," pungkasnya.



Sebelumnya, Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar melakukan pertemuan di Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu, 18 Juni, malam.

Prabowo mengatakan, Gerindra siap bekerja sama dengan PKB untuk Pemilu 2024, baik dalam pemilihan legislatif, pemilihan kepala daerah, maupun pemilihan presiden.

"Ini suatu tugas kenegaraan yang sangat serius, sangat penting, dan kami sebagai ketua umum partai yang punya konstituen dan pengikut yang cukup besar, tentunya kami sadar akan tanggung jawab tersebut. Kami berminat untuk melaksanakan tanggung jawab tersebut dengan sebaik-baiknya," kata Menteri Pertahanan itu.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menuturkan, pertemuan itu merupakan kelanjutan dari silaturahmi dan pertemuan-pertemuan yang secara intensif dilakukan jajaran pengurus DPP PKB maupun DPP Gerindra.

"Alhamdulillah malam ini semakin menguat kerja sama itu, sampai pada kesimpulan yang disampaikan Pak Prabowo bahwa PKB dan Gerindra siap bekerja sama secara utuh menyeluruh menjelang dan menyiapkan pilpres, pileg dan pilkada di 2024," kata Cak Imin.

Cak Imin berharap, kerja sama tersebut bisa berlanjut ke partai-partai politik lainnya. "Moga-moga kerja sama kita ini bisa terus dilanjutkan bersama partai-partai lain, untuk menuju suksesnya pilpres, suksesnya pilkada, dan susksesnya pileg di 2024," harapnya.

Kendati demikian, baik Cak Imin maupun Prabowo tidak menyatakan secara gamblang apakah Gerindra dan PKB telah resmi membangun koalisi untuk Pilpres 2024. Cak Imin hanya mengatakan bahwa PKB dan Gerindra sepakat bekerja sama demi kebangkitan Indonesia raya.

"Kita PKB dan Gerindra, visi dan tujuan perjuangan yang sama untuk NKRI yang lebih maju, adil, dan sejahtera," demikian Cak Imin.