PKB Sebut Ajak Gerindra Koalisi Karena Prabowo Selalu Kalah Dalam Permainan, Merasa Selalu Menang?
Ketum Gerindra Prabowo dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid, mengungkapkan alasan khusus pihaknya ingin bekerjasama membangun koalisi dengan Partai Gerindra. 

Jazilul mengatakan, PKB ingin menantang diri bergabung dengan Gerindra yang selama ini selalu kalah dalam beberapa kali pemilihan presiden. Sementara PKB yang sekalipun belum pernah berkoalisi dengan Gerindra, justru selalu menang.

"Ini bukan merasa sombong atau bukan, tapi ini soal sejarah. Kita timbang-timbang di 2024, apakah memungkinkan Gerindra ini baru pertama kali membangun koalisi (dengan PKB) bisa menang atau tidak? Bagi PKB itu tantangan," ujar Jazilul, Rabu, 22 Juni.

Pria yang akrab disapa Gus Jazil itu menerangkan, sejak PKB dan Gerindra terbentuk keduanya sama sekali belum pernah mencoba 'berkawan'. Bahkan, Ketua Umum Gerindra yang sudah tiga ikut kontestasi pilpres, baik menjadi cawapres ataupun capres tidak pernah mencicipi kemenangan. 

Padahal kala itu Gerindra pernah berkoalisi dengan PDIP yang juga selalu memenangkan pemilu. 

"Sejak PKB lahir dan sejak Gerindra lahir itu tidak pernah dalam satu koalisi. Dan Gerindra selalu kalah di dalam permainan, presiden dan Wapres," terang Jazilul.

"Sementara PKB sudah berkoalisi dengan berbagai partai, dan PKB selalu menang," sambungnya.

Kendati demikian, Wakil Ketua MPR itu menuturkan, alasan tersebut bukan bermaksud untuk menunjukkan bahwa PKB lebih hebat ketimbang Gerindra. Hanya saja, PKB melihat kemungkinan peluang-peluang yang bisa didapat Prabowo dan jajaran apabila berkoalisi dengan parpol pimpinan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin itu.

Gus Jazil berharap, perjodohan PKB dan Gerindra di dalam koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) bisa memberikan hasil yang membahagiakan di Pilpres 2024.

"PKB sama Gerindra ini baru sama sekali. Mudah-mudahan nanti kalau Gerindra bergabung, Gerindra pertama kali menang," harap Gus Jazil.

"Jangan sampai sebaliknya, begitu PKB pertama kali gabung dengan Gerindra pertama kali kalah. Kita kan menang terus di dalam koalisi," sambung dia.

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco mengatakan, Partai Gerindra membuka pintu koalisi dengan PKB karena menemukan titik temu sepahaman bekerjasama untuk Pemilu 2024. 

"Kami juga membuka pintu yang seluas-luasnya untuk melakukan kerja sama antarpartai, setelah kami kemarin melakukan kesepahaman dan kerja sama untuk sama-sama menghadapi Pemilu dengan PKB," kata Dasco, Selasa, 21 Juni. 

Selain PKB, tambah Wakil Ketua DPR RI ini, Gerindra juga menjajaki kerjasama dengan partai politik lain untuk Pemilu 2024. 

"Kami juga membuka kesempatan kepada partai partai lain untuk kita bersama-sama bekerja sama bersama-sama menghadapi Pemilu, Pileg, Pilpres maupun Pilkada,” demikian Dasco.