Penunjukan Zulkifli Hasan sebagai Mendag Tak Berpengaruh ke KIB
Zulkifli Hasan alias Zulhas usai dilantik menjadi menteri perdagangan pada Rabu 15 Juni. (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menegaskan, penunjukan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebagai menteri perdagangan tidak banyak berpengaruh terhadap Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Diketahui, seluruh ketua umum partai politik (parpol) di KIB menjadi menteri di kabinet Joko Widodo.

Menurut Viva, adanya Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan PPP Suharso Monoarfa di Kabinet Indonesia Maju membuktikan bahwa KIB semakin kuat.

Dia menepis analisis yang menyatakan ada koalisi di dalam koalisi.

"Tidak seperti itu. Jadi KIB tidak ada hubungannya dengan kabinet Indonesia Maju, justru harus bertanggungjawab terhadap peningkatan kinerja pemerintahan sekarang, karena seluruh ketum KIB mrupakan menteri di kabinet Jokowi," ujar Viva dalam diskusi 'Dramaturgi Reshuffle Kabinet' secara virtual, Sabtu 18 Juni. 

Viva menegaskan, posisi Zulkifli Hasan sebagai ketua umum partai politik yang tengah mempersiapkan pilpres tidak akan menganggu tugasnya sebagai menteri perdagangan.

Sebab, kata dia, PAN sendiri sudah menggunakan sistem digitalisasi untuk memudahkan komando ketua umum.

"Ketum sebagai menteri itu tidak akan mempengaruhi tanggungjawab sebagai ketum PAN. Karena ketum yang sekarang ada di lembaga eksekutif harus patuh terhadap UU," jelas Viva.

"Bang Zulhas sebagai ketum partai dari sisi mekanisme organisasi di manajemen partai semua serba sistemik melalui proses digitalisasi. Ini merupakan komitmen PAN untuk menjadi parpol modern yang harus masuk pada proses digital. Saya rasa itu tidak akan mengganggu kerja bang Zulhas sebagai Mendag," pungkasnya.