Dampingi Presiden Jokowi di Pertemuan MIKTA, Mendag Zulhas: Situasi Global Rumit, Kita Dorong Kolaborasi
Foto: Dok. Kementerian Perdagangan

Bagikan:

JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan disebutkan turut mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memimpin Pertemuan Perdana Para Pemimpin Negara Meksiko, Indonesia, Korea, Turki dan Australia atau MIKTA Leaders’ Gathering ke-1. Pertemuan itu dilakukan dalam rangkaian agenda G20 yang berlangsung pekan ini di New Delhi, India.

Mendag Zulkifli Hasan mengatakan para pemimpin negara mendorong terciptanya kolaborasi untuk menghadapi tantangan global.

“MIKTA baru pertemuan pertama kali. Presiden RI dan para pemimpin negara MIKTA berbicara tentang sejumlah hal, diantaranya adalah pembangunan berkelanjutan dan perubahan iklim,” ujarnya seperti yang dilansir laman resmi pada Minggu, 10 September.

Menurut Mendag Zulhas, sapaan akrab Zulkifli Hasan, para pemimpin negara MIKTA juga mendiskusikan tentang perlunya kolaborasi dan kerja sama antarnegara untuk menghadapi tantangan global.

“Negara-negara MIKTA perlu mendukung pemulihan ekonomi yang inklusif,” tuturnya.

Mendag menambahkan, para pemimpin negara juga sepakat untuk bersama-sama mendorong reformasi dalam membuat kebijakan mengingat dinamika kedepan diyakini bakal lebih kompleks

“Tata kelola global telah berubah. Ini yang kita harapkan dapat mengakomodasi kebutuhan negara berkembang,” tegas dia.

Sebagai informasi, MIKTA Leaders’ Gathering ke-1 digelar di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di New Delhi, India pada 9—10 September 2023.

Mendag Zulkifli Hasan menyebut dalam pertemuan MIKTA tersebut, para Pemimpin Negara MIKTA juga berdiskusi mengenai pemulihan ekonomi pasca pandemi COVID-19.