Rasakan Sensasi Naik Safety Car Formula E, Anies: Perut Seperti Ketinggalan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjajal kursi penumpang safety car Formula E (Foto: Humas Pemprov DKI)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjajal kursi penumpang safety car Formula E yang dikendarai oleh sang sopir, Bruno Correia di area sirkuit saat sesi free practice pagi tadi.

Anies lalu membagikan pengalamannya disopiri pengemudi andal tersebut. Usai berkeliling sirkuit dengan safety car, Anies mengaku takjub dengan perubahan kecepatan mobil saat melaju.

"Mengelilingi sirkuit bersama dengan pengemudi namanya Bruno. Sebuah pengalaman yang luar biasa karena mobilnya berjalan sampai kecepatan hampir 200 km/jam dan dari 0 ke 100 itu sekitar 2 detik," kata Anies saat ditemui di kawasan sirkuit Formula E, Sabtu, 4 Juni.

Memutari sirkuit dari dalam safety car selama 4 menit, Anies merasakan sensasi yang luar biasa. Sebagai orang awam di dunia balapan, Anies menyebut keseruan menjadi penumpang dalam mobil kesemalatan ini lebih dari menaiki wahana roller coaster.

"Jadi, rasanya seperti buat seseorang yang bukan di bidang balap mobil itu pengalaman yang luar biasa. Perut rasanya seperti ketinggalan di belakang," ucap Anies sambil tertawa.

Dalam kesempatan itu, Anies mengungkapkan kesuksesan event Jakarta E-Prix ini amat ditentukan oleh persiapan yang matang, detail, dan komprehensif.

“Ada tiga hal yang menjadi kunci, yaitu planning, planning dan planning, jadi bukan improvisasi di tengah jalan. Hal itu terbukti dari track yang tidak sampai 3 kilometer, tapi kabelnya sampai 65 kilometer, di balik yang sederhana ada sophistic yang luar biasa,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, seri kesembilan Formula E resmi digelar hari ini, Sabtu 4 Juni di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol. Ajang balap mobil listrik ini bakal digelar satu hari penuh. Berikut jadwal dan informasi penting seputar Formula E hari ini.

Gelaran Formula E punya format berbeda dari balapan Formula 1 yang biasanya digelar tiga hari beruntun. Untuk Formula E, tiap seri hanya dilangsungkan di satu hari mulai dari latihan bebas (free practice), kualifikasi hingga balapan.

Untuk seri kesembilan di Jakarta, agenda dimulai dengan free practice (FP)1 mulai pukul 07.15 - 07.45 WIB. Dari pantauan VOI di lapangan, untuk jadwal FP1 ini masih belum bisa dihadiri penonton.

Selanjutnya, ada jadwal FP 2 yang mulai berlangsung pada pukul 09.00 - 09.30 WIB, kemudian babak kualifikasi pada pukul 10.40 - 11.15 WIB dan di hari yang sama juga akan berlangsung jadwal balapan pada pukul 15.00 WIB.