Kualifikasi Formula E Jakarta: Mantan Pebalap F1 Jadi yang Pertama Raih <i>Pole Position</i> di JIEC Ancol
Balapan Formula E Jakarta di JIEC. (Foto: Twitter @FIAFormulaE)

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap DS Techeetah, Jean-Eric Vergne, menjadi yang pertama merebut pole position Formula E Jakarta di JIEC Ancol. Mantan pebalap Formula 1 ini merebut posisi start terdepan setelah memenangi final kualifikasi, Sabtu, 4 Juni, siang WIB.

Hasil ini membuat Vergne mencatatkan rekor baru di Formula E. Ini merupakan pole ke-15 untuk Vergne.

Vergne mengalahkan rekan setimnya, Antonio Felix Da Costa, yang akan start balapan dari posisi kedua. Sementara posisi ketiga ditempati Mitch Evans.

Posisi start keempat akan ditempati Edoardo Mortata, pebalap ROKiT Venturi Racing. Dia gagal melangkah ke final setelah kalah dari Da Costa di semifinal.

Stoffel Vandoorne yang menguasai klasemen sementara pebalap, harus puas start dari posisi ketujuh. Dia gagal mencapai hasil lebih baik setelah mengakui keunggulan Mitch Evans di babak perempat final.

Sementara Nyck de Vries dan Olivier Rowland yang menguasai FP1, gagal lolos dari sesi kualifikasi grup. Mereka sama-sama gagal lolos dari Grup B.

Sesi kualifikasi Formula E berbeda dengan balapan F1. Kualifikasi pertama dibagi menjadi dua grup, yakni grup A dan B.

Setelah itu, empat pebalap teratas di masing-masing grup mengikuti sesi selanjutnya, yaitu babak perempat final, semifinal dan kemudian final.