Resmi Digelar Hari Ini, Catat Jadwal dan Informasi Penting untuk Penonton Formula E di Sirkuit Ancol
Ilustrasi Formula E (Instagram.com/@jakartaeprixofficial)

Bagikan:

JAKARTA - Seri kesembilan Formula E resmi digelar hari ini, Sabtu 4 Juni di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol. Ajang balap mobil listrik ini bakal digelar satu hari penuh. Berikut jadwal dan informasi penting seputar Formula E hari ini.

Gelaran Formula E punya format berbeda dari balapan Formula 1 yang biasanya digelar tiga hari beruntun. Untuk Formula E, tiap seri hanya dilangsungkan di satu hari mulai dari latihan bebas (free practice), kualifikasi hingga balapan.

Jadwal Balapan

Untuk seri kesembilan di Jakarta, agenda akan dimulai dengan free practice (FP)1 mulai pukul 07.15 - 07.45 WIB. Dari pantauan VOI di lapangan, untuk jadwal FP1 ini masih belum bisa dihadiri penonton.

Selanjutnya, ada jadwal FP 2 yang mulai berlangsung pada pukul 09.00 - 09.30 WIB, kemudian babak kualifikasi pada pukul 10.40 - 11.15 WIB dan di hari yang sama juga akan berlangsung jadwal balapan pada pukul 15.00 WIB.

Selain informasi soal jadwal acara, ada juga informasi penting lainnya yang sengaja diumumkan panitia untuk para pemegang tiket. Hal pertama adalah soal lokasi parkir yang disediakan untuk penonton.

Lewat media sosial resmi @jakartaeprixofficial dijelaskan bahwa penyelenggara Formula E tidak menyediakan lahan parkir di sekitar lokasi sirkuit dan mengimbau penonton hadir menggunakan kendaraan umum. Namun demikian, untuk penonton yang tetap membawa kendaraan akan disediakan lokasi parkir sesuai kategori tiket.

Panitia sendiri menerbitkan beberapa kategori tiket, di antaranya, tiket Jakarta Royal Suite (1A), Jakarta Deluxe Suite (1B), Segarra Suite (1C), Jimbaran Suite (1D), Ombak Laut Suite (1E), Grandstand (2A-2I), dan Circuit Festival (3). Untuk fasilitas parkir di lokasi, kendaraan pribadi yang bisa masuk melalui pintu karnaval sebagai gate utama hanya yang memiliki tiket Royal Suite 1A saja.

Sementara bagi pemegang Jakarta Deluxe Suite (1B), Segarra Suite (1C), Jimbaran Suite (1D), Ombak Laut Suite (1E), Grandstand (2A-2I), dan Circuit Festival (3) panitia akan menyediakan lahan parkir di JIEXPO Kemayoran.

Shuttle Bus

Meski tak menyediakan lahan parkir di sekitar lokasi sirkuit dan membuat kantong parkir di JIEXPO agar penonton tak berkendara, pihak penyelenggara telah menyiapkan shuttle bus.

"Dimohon untuk TIDAK MEMBAWA KENDARAAN KE ANCOL SECARA LANGSUNG," tulis @ jakartaeprixofficial.

Sebagai salah satu kompensasi dari imbauan tak membawa kendaraan, panitia telah menyiapkan shuttle bus gratis yang dapat digunakan penonton Formula E. Bus akan berangkat setiap 10 menit dari JIEXPO ke Jakarta International E-Prix Circuit.

Berikut jadwalnya:

- Rute JIEXPO ke Jakarta International E-Prix Circuit

Bus pertama : 07.30 WIB

Bus terakhir : 19.30 WIB

- Rute Jakarta International E-Prix Circuit ke JIEXPO

Bus pertama : 08.00 WIB

Bus terakhir : 22.00 WIB

Tak Posting Tiket

Informasi penting lain yang disampaikan penyelenggara adalah soal tiket. Pihak penyelenggara meminta agar penonton tidak memposting tiket Formula E secara umum. Pasalnya, pada tiket yang dimiliki terdapat kode QR yang bersifat rahasia.

"Ingat, kode QR yang ada di tiket kamu itu sifatnya rahasia alias nggak boleh ada yang lihat, lho. Karena dapat disalahgunakan oleh pihak atau oknum lain," tulis @jakartaeprixofficial

"Jadi, hati-hati guys. Jaga baik-baik dan jangan sembarang posting tiket kamu," jelas keterangan di akun resmi.